Minggu, Oktober 02, 2016

Delapan Penyebab Umum Terjadinya Sembelit

Delapan Penyebab Umum Terjadinya Sembelit
Ilustrasi Terjadinya sembelit
Sembelit Merupakan masalah pencernaan yang biasanya karena tinja yang mengeras sehingga akan menimbulkan sulitnya buang air besar. jika kalian pernah mengalaminya maka pasti itu bukanlah pengalaman yang menyenangkan. nah apakah kalian tahu penyebab umum dari terjadinya sembelit? 

Sembelit ternyata dibagi menjadi dua jenis, yaitu semblit primer dan sekunder. Sembelit primer adalah sembelit  yang terjadi akibat dari kurangnya asupan makanan sehat. Sementara sembelit sekunder biasanya disebabkan oleh penyakit lain. kekurangan serat bukanlah satu satunya penyebab utama sembelit, berikut ini ada beberapa penyebab dari terjadinya sembelit yang kamu harus ketahui.

1. Kurang cairan

Mengkonsumsi lebih sedikit cairan dapat menyebabkan feses menjadi keras, sehingga sulit untuk dikeluarkan. untuk mengatasinya Minumlah setidaknya 8 gelas air sehari.

2. Cokelat

Sebuah peneletian telah mengaitkan terlalu banyak mengonsumsi cokelat juga bisa menyebabkan terjadinya sembelit maka dari sekarang jangan terlalu banyak makan cokelat ya.


3. Kehamilan dan persalinan

Sembelit termasuk masalah yang sering dikeluhkan ibu hamil. Biasanya kondisi ini akan terus berlanjut setelah melahirkan. Gangguan buang air besar ini biasanya karena melemahnya otot-otot efek perut atau samping analgesik.


4. Terlalu banyak daging

Diet rendah serat dan tinggi lemak seperti daging, telur atau keju dapat membuat proses pencernaan lebih lambat sehingga dapat menimbulkan sembelit.maka dari itu imbangilah dengan sayuyan atau buah buahan segar.

5. Vitamin

Vitamin umumnya tidak akan menyebabkan sembelit, tetapi beberapa jenis komponen seperti kalsium dan zat besi bisa menjadi pemicu terjadinya sembelit.

6. Terlalu sering meminum obat penghilang nyeri dan antidepresan

Penelitian menunjukkan orang yang sering mengalami sembelit sebagian besar adalah pengguna narkoba atau mereka yang selalu rutin meminum obat obatan kimia seperti antidepresan.


 7. Depresi

Diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan saraf yang mempengaruhi kemampuan tubuh auntuk mencerna makanan sehinga bisa mempengaruhi buang air besar.

8. Kurangnya Berolaharaga

Mereka yang jarang berlatih fisik atau berolahraga juga sangat rentan terkena sembelit, sebab biasanya makanan yang dalam tubuh akan menumpuk lebih lama. rutinlah berolahraga setidaknya 30 menit sampai 20 per hari.


Nah itulah beberapa penyebab dari terjadinya sembelit yang bisa terjadi pada kalian.

loading...