Senin, Desember 04, 2017

5 Manfaat Menakjubkan Menyusui Bagi Ibu dan Anak

5 Manfaat Menakjubkan Menyusui Bagi Ibu dan Anak

Manfaat kesehatan dari menyusui telah dikenal sejak jaman dahulu. Namun, masih banyak juga para ibu yang memiliki bayi yang enggaN memberikan asi pada anaknya. Padahal jika rutin menyusui ASI pada bayi manfaat yang didapatkan bukaN pada anaknya saja melainkan pada ibunya juga. Dilansir dari laman Thealternativedaily.com, Berikut manfaat menyusui bagi ibu dan anak.

1. Mencegah Leukimia

Para ilmuwan di University of Haifa menerbitkan sebuah studi yang menemukan bahwa anak-anak yang mendapat ASI memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kanker darah. Di Amerika Serikat saja Setiap tahun, hampir 5.000 anak-anak didiagnosa leukemia. Jika para peneliti benar, maka menyusui dapat membantu mencegah antara 700 dan 950 kasus leukemia pada anak-anak setiap tahun.

2. Penglihatan yang lebih baik

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa nutrisi dalam susu ibu membantu mengurangi risiko rabun jauh . Richard Stone, seorang ahli epidemiologi di University of Pennsylvania, berspekulasi bahwa DHA, asam lemak alami dalam ASI, mungkin memainkan peran penting dalam pengembangan reseptor di retina. Tanpa DHA, mata mungkin tidak tumbuh serta sebagaimana mestinya.

3. Mencegah Diabetes pada Ibu

Studi menunjukkan bahwa menyusui membantu mengurangi kemungkinan terserang diabetes tipe 1 sebesar 30 persen. Para peneliti berspekulasi bahwa mengeluarkan ASI membantu mengurangi paparan beta-laktoglobulin.

4. Menghindarkan obesitas

ASI mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan seorang anak untuk enam bulan pertama kehidupan mereka. ASI juga bisa mencegah obesitas pada anak, selain itu menyusui juga bermnfaat bagi ibu untuk menurunkan berat badan.

5. Mengurangi terjangkit penyakit Menular

Bayi yang mendapat ASI memiliki risiko sangat rendah terkena beragam penyakit menular . Hal ini karena ASI mengandung antigen yang membantu memblokir transmisi norovirus atau bakteri patogen. ASI juga mengandung prebiotik , yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat dalam saluran pencernaan, yang berguna untuk perlindungan terhadap infeksi.

loading...