Senin, Januari 29, 2018

6 Penyebab Gagal Ginjal yang Jarang Disadari

Penyebab Gagal Ginjal

Ginjal memiliki fungsi vital seperti menyaring urin, limbah dan cairan berlebih dan mengeluarkannya setiap hari. Ginjal juga membantu mencegah penumpukan sampah dan racun agar tubuh tetap sehat. Namun ginjal juga rentan terkena masalah. Berikut beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal, menurut laman health.com.

1. Minum Alkohol

Penyalahgunaan alkohol meningkatkan risiko kerusakan ginjal. Hal ini karena alkohol menyebabkan tekanan pada ginjal dan hati harus bekerja terlalu keras.

2. Terlalu banyak minum Kopi

Kopi merupakan minuman yang enak dan Anda pasti meminumnya setiap hari. Namun sebaiknya Anda tahu batasan jumlah kopi yang Anda minum. Sebab Minum terlalu banyak kopi bisa menyebabkan gagal ginjal. Kafein pada kopi dapat menyebabkan stres pada ginjal dan meningkatkan tekanan darah.

3. Makan Makanan terlalu Manis

Makan terlalu banyak gula juga berbahaya bagi kesehatan ginjal. Studi telah menemukan bahwa orang yang minum lebih dari dua minuman bergula tinggi sehari lebih cenderung memiliki protein dalam air kencing mereka. Ini adalah gejala awal fungsi ginjal yang buruk.

4. Makan Makanan Asin terlalu banyak

Terlalu banyak asupan garam tidak hanya menyebabkan hipertensi, ini juga bisa membuat Anda menderita gagal ginjal. Kelebihan natrium (zat dalam garam) dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Tingkat tekanan natrium yang tinggi memberi tekanan pada organ dalam dan meningkatkan tekanan di ginjal.

5. Kurang Tidur

Kurang tidur adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Tubuh membutuhkan istirahat untuk memperbaiki kinerja ginjal. Jika Anda, jarang tidur makan organ-organ penting seperti ginjal akan dipkasa kerja lebih keras.

6. Kelebihan Protein Hewani

Terlalu banyak protein hewani seperti daging merah (daging sapi, babi, domba, daging kambing) dapat menyebabkan ginjal bekerja berlebihan. Karena itu, Anda harus membatasi asupan daging merah.

Nah, itulah beberapa penyebab bisa membuat organ ginjal Anda alami kerusakan. Jika Anda memiliki kebiasaan diatas, perhatikan dan ubahlah untuk menghindari kerusakan pada ginjal Anda.