Minggu, Februari 11, 2018

6 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terkena Batu Ginjal

Tidak Terkena Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan masalah serius yang bisa menyerang siapa saja. Batu ginjal biasanya muncul akibat kebiasaan yang tidak sehat, seperti merokok, jarang berolahraga dan jarang minum. Selain itu, kebiasaan makan yang salah juga bisa memicu batu ginjal.

Menurut laman Kenh14.vn, beberapa makanan berikut sebaiknya jangan terlalu sering dikonsumsi.

1. Soda

Soda merupakan minuman yang kandungan kafeinnya sangat tinggi, minuman seperti ini bisa membuat tubuh cepat alami dehidrasi atau kehilangan cairan. Saat tubuh kehilangan cairan inilah ang bisa memicu terjadi batu ginjal.

2. Makanan Tinggi Sodium

Bila Anda ingin terhindar dari batu ginjal, Anda harus membatasi jumlah asupan garam. Anda harus menghindari makanan olahan dan kalengan karena mengandung garam dalam jumlah banyak.

3. Makanan Tinggi Protein

Makanan tinggi protein memang sangat penting bagi tubuh, namun alangkah baiknya asupan protein tersebut disesuaikan dengan kebutuhan. Makanan yang kaya akan protein seperti daging dan ikan harus dimakan dengan benar. Protein dalam makanan akan meningkatkan jumlah oksalat dalam urin, membentuk batu ginjal.

4. Makanan Berlemak

Makanan yang mengandung lemak dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal. Untuk itu, sebaiknya kurangi makanan yang lemaknya sangat tinggi.

5. Makanan Tinggi Kalsium

Kelebihan kalsium pada tubuh sangat buruk, sebab bisa memicu batu ginjal. konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi minyak ikan atau vitamin D karena bisa membahayakan tubuh Anda.

6. Alkohol

Alkohol dapat menyebabkan risiko pembentukan batu ginjal. Alkohol mengandung ramuan purin yang bisa menyebabkan terbentuknya asam urat. Selain itu, asupan alkohol yang berlebihan menyebabkan kerusakan fungsi ginjal.