Senin, Februari 12, 2018

Minum Teh Jahe Selama Satu Bulan, Ini Manfaatnya Untuk Tubuh

manfaat teh jahe

Jahe umumnya digunakan untuk keperluan memasak para ibu didapur, namun jahe juga telah lama digunakan untuk obat penyembuhan sejak berabad-abad lalu. Jahe merupakan bahan makanan cukup serbaguna, jahe bisa digunakan dalam bentuk minyak, bumbu, bubuk, bahkan teh.

Menurut laman besthealthyguide.com, Berikut ada beberapa manfaat yang tidak terduga dari rutin minum teh jahe.

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Peradangan kronis dan stres oksidatif dapat mempercepat proses penuaan dan memicu terjadinya penyakit Alzheimer dan gangguan kognitif. Menurut beberapa penelitian, senyawa bioaktif dan antioksidan dalam jahe mampu menghambat respon inflamasi yang terjadi di otak. Dalam satu studi yang dilakukan pada 60 wanita setengah baya, ekstrak jahe teh jahe meningkatkan kerja otak.

2. Meredakan Masalah Pencernaan

Jahe mengandung senyawa fenolik yang meringankan iritasi pada saluran pencernaan dengan merangsang produksi cairan empedu dan air liur yang berguna untuk melancarkan makanan untuk bergerak di saluran pencernaan.

3. Bermanfaat Sebagai Anti-Kanker

Terdapat senyawa 6-gingerol dalam jahe, senyawa ini dipelajari sebagai pengobatan potensial untuk berbagai jenis kanker. Satu penelitian menemukan bahwa hanya minum dua gelas teh jahe dalam sehari bisa mengurangi molekul pembetukan sel kanker di usus besar.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Menurut para peneliti, jahe bisa menjadi alat yang efektif untuk menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung. Untuk itu, ada bisa minum teh jahe setiap hari agar terhindar dari penyakit berbahay akibat kolesterol tinggi.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Menurut sebuah studi baru-baru ini, dua gram bubuk jahe yang dijadikan teh jahe bisa menurunkan gula darah. Mengingat bahwa tekanan darah tinggi adalah faktor yang berkontribusi terhadap penyakit jantung maka dengan minum teh jahe bisa mengatasi hal ini dengan cepat.