Rabu, Maret 14, 2018

4 Hal Sepele Ini Bisa Picu Kanker Paru-Paru


4 Hal Sepele Ini Bisa Picu Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru merupakan jenis kanker yang cukup ganas saat ini, kanker ini termasuk kanker yang cukup banyak menyumbang kasus kematian akibat kanker setelah kanker rahim dan payudara. Kanker paru-paru merupakan kanker yang umumnya menyerang orang yang diatas usia 45 tahun, namun dewasa ini banyak anak muda pun mudah terkena kanker paru karena berkaitan erat dengan gaya hidup yang tidak sehat.

Pertumbuhan sel kanker paru-paru juga termasuk sangat tidak mudah dideteksi, gejalanya terkadang tersamarkan oleh beberapa penyakit ringan seperti batuk atau flu. Faktor inilah yang akhirnya membuat para penderita kanker paru-paru sulit ditangani dengan cepat. Nah selain anda wajib waspada pada gejala kanker paru Anda juga sebaiknya mengenali penyabeb kanker paru-paru. Berikut ulasanya.

1. Perokok Pasif 

Merokok aktif setiap hari merupakan kebiasaan buruk yang akan membuat anda terkena kanker paru-paru, tapi para perook pasif atau yang tidak sama sekali merokok pun terancam terkena kanker paru-paru dengan tingkat risiko yang cukup besar juga. Perokok pasif bahkan lebih berbahaya, karena menghirup asap rokok yang memiliki risidu lebih besar dari perokok aktif. Nah untuk itu, sebaiknya hindari para perokok aktif.

2. Riwayat Penyakit Paru-paru

Jika anda memiliki riwayat penyakit kanker paru-paru, anda wajib waspada sebab paru-paru anda termasuk organ yang rentan terkena masalah. Apalagi jika anda memiliki riwayat keluarga yang terkena kanker paru-paru anda benar-benar harus menerapkan hidup sehat agar terhindar dari terjangkitnya penyakit yang sama.

3. Paparan polusi

Paparan polusi juga bisa memicu kanker paru-paru, jika anda bekerja diluar ruangan seperti jalanan yang penuh debu dan asap kendaraan sebaiknya gunakan masker untuk menghindari terpaparnya polusi zat berbabahaya tersebut. Polusi dan zat kimia yang terus memapar tubuh anda akan menumpuk dalam tubuh dan memicu beragam kanker seperti kanker paru-paru.

4. Kebiasaan makan yang tidak sehat 

Tubuh sejatinya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan sel dalam tubuh dengan baik, namun kebiasaan buruk makan makanan tak sehat bisa merusak sistem tersebut. Asupan makanan yang tidak seimbang dan tidak sehat bisa memicu kerusakan imun dalam tubuh dan membuat tubuh tidak mampu memperbaiki sel-sel yang rusak. Inilah yang bisa memicu bermuculannya penyakit kanker seperti kanker paru-paru.