Jumat, Maret 09, 2018

5 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Loading...

5 Cara Menurunkan Tekanan Darah Anda

Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang berbahaya sehingga Anda harus sangat waspada. Penyakit ini termasuk dalam kategori penyakit silent killer, atau penyakit yang bisa membunuh siapapun secara diam-diam. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang Anda derita Anda bisa menerapkan beberapa cara berikut ini.

1. Miliki Berat Badan Ideal

Berat badan ideal bisa membantu tubuh anda memiliki tekanan darah yang stabil, nah untuk itu jika Anda memiliki berat badan berlebih atau sebaliknya memiliki berat badan yang terlalu kurus usahakan untuk mencapai titik ideal. 

2. Olahraga Teratur

Kebiasaan pasif merupakan kebiasaan buruk yang mempengaruhi tekanan darah, sebaiknya Anda meluangkan waktu 1-2 jam per minggu untuk melakukan olahraga secara teratur. Olahraga secara teratur dapat membantu tubuh menurunkan tekanan darah tinggi anda. Kegiatan fisik juga membantu organ-organ vital seperti pembuluh darah lebih sehat.

3. Hindari makanan berlemak

Makanan berlemak bisa meningkatkan tekanan darah tinggi dengan cepat, untuk itu sebaiknya hindari makanan berlemak tinggi seperti daging merah, daging ayam selain itu hindari juga makanan yang digoreng karena biasanya mengandung lemak tambahan dari minyak. Jika bisa utamakan makan makanan yang kaya serat dari buah dan sayur.

4. Kurangi Penggunaan garam

Garam merupakan bahan yang bisa memicu tekanan darah naik cepat, untuk itu Anda harus mengurangi penggunaan garam. Menurut pakar kesehatan orang yang menderita hipertensi hanya diperbolehkan mengonsumsi garam sebanyak 2.500 mg perhari, lebih dari itu sangat berbahaya untuk tekanan darah Anda.

5. Kurangi Alkohol dan kafein

Minuman alkohol sangat buruk sekali bagi tekanan darah, sebaiknya kurangi atau hentikan kebiasaan minum alkohol. Kafein juga termasuk berbahaya untuk penderita hipertensi, sebaiknya kurangi minum minuman berkafein.