Minggu, April 15, 2018

Lima Gejala Gagal Ginjal yang Harus Diwaspadai

Lima Gejala Gagal Ginjal yang Harus Diwaspadai

Ginjal memiliki peranan penting dalam tubuh manusia, ginjal berfungsi sebagai penyaring racun dalam darah dan membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Ginjal merupakan organ rentan terkena masalah dan saat mengalami masalah gejalanya kadang sulit dikenali.

Menurut laman RD.com, berikut ada beberapa gejala gagal ginjal yang sebaiknya kamu kenali. Apa saja? simak ulasannya.

1. Mudah gatal

Ginjal merupakan organ yang berfungsi sebagai penyaring racun dalam darah dan cairan tubuh. Namun saat fungsi ini tidak berjalan baik biasana memicu ketidakseimbangan. Biasanya ini akan memicu gatal di sekujur tubuh dan memicu munculnya ruam-ruam merah di kulit.

2. Mual dan muntah

Limbah atau racun yang tidak berhasil dikeluarkan oleg ginjal bersama urin akan mengendap dalam ginjal. Efeknya anda akan merasa mual dan berujung pada muntah-muntah. Selain itu mual ini juga bisa memicu penurunan nafsu makan. Jika gejala ini muncul segeralah periksa diri ke pihak medis.

3. Sering Buang Air kecil 

Ginjal yang mengalami masalah bisa memicu anda ingin sering kencing, namun terkadang dorongan ingin kencing ini tidak asli. Anda akan sering ingin buang air kecil namun jumlah urinnya sedikit. Selain itu jika air seni yang anda keluar berbuih maka ini tanda urin anda penuh protein, ini adalah salah satu gejala anda menderita penyakit ginjal. Ginjal yang mengalami masalah tidak bisa mengolah protein dengan baik sehingga protein pun sulit diserap tubuh.

4. Bengkak-Bengkak Pada tubuh

Ginjal merupakan organ yang berfungsi sebagai pengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh, saat ginjal mengalami kegagalan menjalankan fungsinya maka cairan bisa menumpuk dalam tubuh. Hal ini bisa memicu pembengkakan di area tubuh Anda, biasanya yang terkena masalah bengkak-bengkak adalah kaki, tangan dan bagian wajah.

5. Lelah Kronis

Jika ginjal rusak maka produksi sel darah merah akan terganggu, hal ini akan memicu anemia dan Anda pun akan mudah merasakan lelah yang cukup hebat walau tak melakukan aktivitas berat.