Jumat, April 13, 2018

Tinggalkan 4 Kebiasaan ini Agar Terhindar dari Kanker Usus Besar

Tinggalkan 4 Kebiasaan ini Agar Terhindar dari Kanker Usus Besar

Menurut data WHO penderita kanker usus besar terus meningkat, dalam jurnal terbaru ada 12 per 100 ribu orang yang meninggal akibat kanker usus besar di Indonesia. Jenis kanker ini memang tidak separah kanker serviks atau kanker payudara, namun tren telah menunjukan bahwa penderita kanker ini terus naik.

Kanker usus besar biasanya menyerang daerah kolon hingga rektum atau anus, pemicu kanker ini tentu karena kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan kurang tepat. Nah berikut ini ada kebiasaan yang sebaiknya kamu tinggalkan agar kamu terhindar dari kanker usus besar.

1. Makanan Cepat Saji

Anda harus meninggalkan kebiasaan makan makanan cepat saji mulai dari sekarang, makanan cepat saji merupakan pemicu beragam kanker termasuk kanker usus besar. Makan cepat saji mengandung banyak lemak yang tidak sehat. Lemak jahat ini bisa memicu asam empedu keluar secara berlebihan dan menumpuk di usus besar, jika dibiarkan asam empedu ini bisa memicu iritasi berlebih di usus Anda.

2. Malas Beraktifitas Fisik

Kebiasaan malas beraktifitas fisik juga harus dihindari, kebiasaan ini bisa memicu kegemukan dan masalah kesehatan seperti obesitas. Bahayanya, kegemukan bisa memicu kerusakan sel dan memicu munculnya sel-sel kanker.

3. Makan daging merah secara berlebihan

Menurut jurnal yang diterbitkan Journal of Cancer, kebiasaan mengonsumsi daging merah secara berlebihan bisa memicu kanker usus besar. Dan risiko akan meningkat pada gender wanita ketimbang pria. 

4. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok juga termasuk pemicu kanker usus besar, rokok tak hanya merusak jantung dan paru-paru. Zat kimia berbahaya dalam rokok secara menyeluruh dapat memicu peradangan sel dalam tubuh. Sel yang rusak bisa memicu pertumbuhan sel abnormal dan memicu munculnya kanker.