Rabu, Juni 13, 2018

3 Makanan yang Bantu Sembuhkan Penyakit Radang Sendi


Radang sendi atau arthritis merupakan penyakit yang mudah menyerang orang lanjut usia, penyakit ini kerap terjadi pada orang yang memiliki berat badan yang berlebih. Penyakit radang sendi ada dua jenis yaitu Osteoarthritis dan Rheumatid Arthritis. Keduanya cukup berbahaya dan menyiksa penderitanya.

Penyakit radang sendi termasuk penyakit yang bisa menurunkan kualitas hidup anda, saat terkena penyakit ini fungsi sendi bisa menurun dan menyebabkan anda sulit bergerak bahkan bisa memicu patah tulang.

Nah untuk melawan penyakit ini anda wajib menurunkan berat badan dan mengkonsumsi makanan yang bisa melawan peradangan sendir. Nah dilansir dari laman Vietnamnet.vn, berikut ada beberapa makanan sehat yang bantu menyembuhkan radang sendi.

1. Ikan Laut

Anda disarankan lebih banyak ikan  seperti salmon, mackerel dan sarden karena dapat meringankan rasa sakit karena radang sendi, makan ikan laut juga dapat meningkatkan fungsi sendi menjaga persendian kuat dan tidak mudah patah.

Asam lemak omega-3 pada ikan laut memainkan peran penting membantu mengurangi jumlah zat peradangan yang diproduksi tubuh sehingga anda disarankan makan ikan serutin mungkin.

2. Oat

Pasien Osteoarthritis cenderung memiliki kadar kolesterol tinggi, Jadi anda harus menurunkan kolesterol darah agar membantu peradangan sendi cepat sembuh. Makanlah oat dan serat larut lainnya yang akan membantu menurunkan kolesterol.

3. Buah-buahan Kaya Antioksidan

Arthritis terjadi ketika sendi mengalami peradangan akibat meningkatknya jumlah oksigen reaktif dalam tubuh. Makan makanan yang kaya antioksidan dapat menetralisir dan melindungi sendi. Vitamin  A, C dan E adalah antioksidan kuat, jadi pastikan Anda memiliki cukup vitamin untuk menjaga jaringan ikat tetap sehat di seluruh tubuh Anda.

Vitamin A ditemukan dalam wortel, kale dan ubi jalar. Buah-buahan dan sayuran segar kaya akan vitamin C, terutama buah jeruk, paprika merah dan sayuran berdaun hijau. Biji-bijian merupakan sumber vitamin E.