Jumat, Juni 15, 2018

5 Tanda Gula Darah Tinggi, Nomor 2 Sering Diabaikan



Hiperglikemia atau juga sering dikenal kadar gula darah tinggi merupakan penyakit umum yang diderita banyak orang. Gula darah tinggi ini terjadi ketika tubuh tidak memiliki insulin yang memadai akibat tubuh mengalami resistensi insulin. Insulin sendiri kebaradaannya sangat penting untuk meyalurkan gula darah ke seluruh sel tubuh dan mengubahnya menjadi energi.

Saat gula darah tinggi diabaikan bisa memicu penyakit berbahaya seperti penyakit diabete, kanker, jantung, stroke dan gangguan sistem metabolik. Gula darah tinggi memang kerap dikaitkan dengan penderita diabetes, namun orang yang tidak memiliki diabetes juga bisa memiliki masalah ini. Nah berikut ada beberapa tanda saat gula darah melonjak tinggi, kenali dan jangan abaikan.

1. Muncul Jerawat

Jika muncul jerawat terlalu sering dan jumlahnya banyak anda harus segera mengecek gula darah anda. Karena jerawat juga bisa muncul akibat gula darah tinggi. Kadar glukosa yang sangat tinggi bisa memicu insulin memproduksi kelenjar minyak lebih banyak dan hal ini akan memicu peradangan di kulit anda dan munculan jerawat.

2. Sering Haus dan Ingin Kencing Terus

Gula darah yang tinggi bisa memicu rasa haus tanpa henti, ini akibat fungsi ginjal yang terganggu akibat gula darah yang tidak stabil. Biasanya disertai rasa ingin kencing terus menerus, namun air yang keluar kadang sedikit dan warna keruh pucat.

3. Mudah Lelah

Insulin yang yang tidak bekerja dengan baik membuat glukosa dalam tubuh tidak disalurkan dengan baik kesuluruh tubuh, Akibat tubuh akan mudah alami kekurang energi dan menyebabkan anda mudah capek dan lelah.

4. Mudah Lapar

Saat Gula darah naik tubuh kehilangan energi terlalu banyak, sel-sel tubuh tidak mendapat pasokan makanan. Sehingga Anda pun akan mudah merasa terus lapar dan nafsu makan meningkat. Namun anehnya tubuh anda secara perlahan menjadi kurus.

5. Mulut Kering Dan Bau Mulut

Saat gula darah naik ada beberapa bagian tubuh yang terganggu fungsinya, salah satunya adalah kelenjar air liur. Kelenjar ini tak bisa mengahasilkan air liru sehingga mulut anda pun akan terasang selalu kering, selain itu mulut anda pun akan terasa bau mulut.