Rabu, Juli 04, 2018

4 Makanan Ini Picu Naiknya Kadar Asam Urat dalam Tubuh



Asam urat merupakan penyakit yang bisa memicu ketidaknyaman, saat anda terkena asam urat sendi-sendi ditubuh akan terasa panas, kaku, dan nyeri.

Asam urat bisa dipicu oleh beragam makanan, biasanya makanan ini mengandung purin yang tinggi. Sejatinya purin merupakan zat yang tidak berbahaya, bahkan tubuh kita secara alami memproduksi purin. Namun, ketika purin dalam tubuh terlalu banyak baik dari tubuh maupun makann maka inilah yang berbahaya karena dapat memicu asam urat.

Nah, untuk itu ada beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari jika kamu tidak ingin terkena asam urat. Apa saja makanannya? Berikut ulasannya.

1. Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi merupakan makanan yang kaya protein namun disisi lain daging merah ini ternyata memiliki purin yang cukup banyak, sehingga ketika anda memakannya cukup banyak bisa meningkatkan purin dalam tubuh dan memicu penyakit asam urat. 

2. Jeroan

Makanan yang terbuat dari jeroan hewan seperti usus, hati, empela, otak, hingga ginjal merupakan makanan yang cukup banyak diburu banyak orang. Namun makanan ini sebaiknya jangan dikonsumsi terlalu banyak karena bisa menyebabkan Anda terkena penyakit asam urat.

3. Sayuran Hijau Tertentu

Sayuran hijau seperti kale, kol. Asparagus merupakan makanan sehat yang sangat dianjurkan untuk dimakan, namun sebaiknya anda jangan mengkonsumsinya secara berlebihan. Makanan ini memang sangat sehat namun jika berlebihan makanan ini juga bisa memicu asam urat tinggi.

4. Minuman dengan gula buatan

Sebaiknya anda menghindari mengkonsumsi minuman kemasan yang manis, seperti soda atau jus buah. Minuman jenis ini biasanya sumber gulanya dari jenis fruktosa, gula jenis ini bisa merangsang tubuh meningkatkan produksi purin dan pada gilirannya bisa memicu asam urat.