Kamis, Juli 26, 2018

4 Minuman yang Bisa Mencegah Gula Darah Tinggi


Diabetes merupakan penyakit yang cukup mematikan setelah penyakit jantung. Diabetes disebabkan oleh kondisi pankreas yang tidak cukup memproduksi hormon insulin. Insulin dibutuhkan untuk membantu mengontrol gula darah. Tanpa hormon ini, penderita diabetes akan kesulitan mengubah gula dalam darah menjadi energi yang bisa digunakan.

Namun, Risiko penyakit diabetes dapat dikurangi dengan membuat perubahan pola makan. Anda dapat menurunkan risiko gejala gula darah tinggi dengan meminum minuman ini.

1. Air Putih

Air adalah salah satu minuman terbaik untuk pasien diabetes tipe 2 dan mereka yang memiliki masalah gula darah yang mudah naik. Air putih membantu tubuh untuk tetap terhidrasi, sementara juga tidak berkontribusi terhadap kenaikan berat badan, sehingga baik untuk tubuh.


2. Jus Buah Murni

Meskipun kandungan karbohidratnya relatif tinggi, jus buah bisa menjadi pilihan yang baik untuk membantu keseimbangan gula darah sebelum berolahraga. Namun, Anda harus membuat jus buah dari buah segar, hindari meminum jus buah kemasasan karena jus buah ini sarat akan kandungan pemanis buatan. Hal ini bahaya bagi penederita gula darah tinggi

3. Teh Hitam

Sebuah penelitian telah mengemukakan bahaa teh hitam dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada pasien diabetes. Namun, Anda harus menghindari menambahkan susu atau gula ke dalam teh.

4. Kopi

Minum kopi tanpa gula dalam jumlah sedang dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan bagi penderita diabetes tipe 2. Antara dua dan tiga cangkir kopi sehari dapat membantu mencegah gula darah tinggi.