Kamis, Juli 12, 2018

Awas, Kebiasaan Ini Picu Kanker Ginjal yang Mematikan

Loading...

Kanker ginjal adalah penyakit yang kian banyak diderita orang saat ini. Penyakit ini muncul akibat kebiasaan sepele yang sering dilakukan setiap hari. Ginjal merupakan organ vital yang sangat penting peranannya dalam tubuh untuk mengeluarkan racun, nah karena fungsinya vital organ ini juga rentan terkena masalah. Jika anda ingin terhindar dari masalah seperti kanker ginjal, Anda sebaiknya tinggalkan kebiasaan-kebiasaan berikut.

1. Makan Makanan Cepat Saji

Banyak orang yang sering membeli makanan cepat siap saji. Sebagian besar makanan ini kurang gizi, tidak sehat, kebanyakan dari makanan saji juga kaya kalori, lemak dan protein yang tidak terkontrol. Hal inilah yang bisa memicu kanker ginjal.

2. Menahan Buag Air 

Ini adalah situasi yang umum, banyak orang yang suka sekali menahan buang air kecil dan besat. Kebiasaan ini dapat menyebabkan zat beracun terakumulasi dalam tubuh dan memungkinkan bakteri berkembang biak di kandung kemih lalu naik ke ginjal. Kebiasaan ini tidak hanya menyebabkan kanker ginjal tetapi juga menyebabkan radang kandung kemih, uretritis dan masalah kesehatan lainnya.

3. Jarang Minum Air 

Fungsi ginjal sangat tergantung pada air, sehingga defisiensi air bisa menyebabkan gangguan fungsi ginjal. Kehilangan air di tubuh juga menyebabkan endapan racun tidak dapat teratasi dan menumpuk di dalam tubuh, hal inilah yang nantinya menciptakan batu ginjal dan penyakit kanker ginjal.

4. Begadang

Begadang adalah hal yang biasa dilakukan banyak orang saat ini. Nah kebiasaan inilah yang sangat buruk. Karena waktu malam adalah waktu bagi tubuh untuk memulihkan dan memperbaiki sel dalam tubuh, begadang hingga larut malam akan mempengaruhi fungsi ginjal. Seiring waktu, ginjal menjadi lemah dan mudah menyebabkan kanker.

5. Malas Bergerak

Ketika duduk terlalu lama, rongga perut akan mengalami tekanan besar yang menyulitkan aliran darah ke area ini, sehingga membuat darah di seluruh tubuh sulit untuk dioperasikan. Karena ginjal dan kandung kemih berada di bagian bawah tubuh, ketika kurang aktif dan duduk dalam waktu lama akan membuat aliran darah ke area ini akan berkurang. hal inilah yang bisa memicu kerusakan di bagian kandung kemih, ginjal dan prostat. Pada gilirannya kebiasaan duduk lama dan malas bergerak bisa memicu kanker ginjal.