Jumat, September 14, 2018

4 Wanita Dengan Kondisi Ini Berisiko Kena Kanker Payudara


Kanker payudara adalah penyakit yang umum pada wanita. Kanker payudara juga salah satu kanker mematikan setelah kanker ovarium.

Kanker payudara adalah tumor ganas yang berkembang di sel payudara. Tumor ganas ini mengumpulkan sel-sel kanker yang berkembang sangat cepat di jaringan sekitarnya, atau dapat menyebar (bermetastasis) ke bagian lain dari tubuh. Ada beberapa kondisi yang meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita. Berikut ulasannya.

1. Pubertas dini atau menopause terlambat

Menurut para ahli, kanker payudara berkaitan erat dengan hormon utama wanita yakni estrogen dan progesteron, ketika hormon kedua ini tidak stabil maka bisa meningkatkan risiko. Anda dapat mengenali tanda ini melalui masa pubertas sebelum usia 12 tahun dan menopause pascamenopause setelah usia 55 tahun. Ini dianggap sebagai salah satu faktor tertinggi penyebab kanker payudara.

2. Selalu Bergadang

Wanita yang bekerja lebih banyak hingga larut malam empat kali lebih mungkin terkena kanker payudara daripada orang sehat yang tidur tepat waktu. Melatonin meningkat di malam hari, tetapi cahaya buatan pada malam hari dapat menghalangi tingkat produksi melatonin, sehingga merangsang hormon lain yang mempengaruhi pertumbuhan sel payudara. Itu sebabnya orang dengan kanker payudara sering memiliki tingkat melatonin dalam tubuh lebih rendah daripada wanita yang tidak memiliki penyakit kanker ini.

3. Selalu Stres

Jam kerja yang tidak produktif, tekanan dari tempat kerja, meningkatkan risiko mental seperti depresi dan stres. Kondisi stres yang berkepanjangan inilah yang nantinya bisa memicu tumbuhnya kanker payudara.

4. Punya Riwayat kanker pada keluarga

Jika Anda memiliki anggota keluarga dengan kanker payudara, Anda memiliki risiko lebih tinggi mengembangkannya penakit yang sama. Gen adalah faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan risiko metastasis pada kanker payudara. Oleh karena itu, Anda perlu secara aktif melakukan skrining kanker payudara sejak dini jika seseorang dalam keluarga memiliki penyakit kanker payudara.