Senin, September 10, 2018

Awas, 4 Makanan Ini Bisa Picu Penyakit Batu Empedu


Menerapkan pola makan yang sehat akan membantu meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Ketika pola makan anda berantakan dan selalu makan makanan tidak sehat ada risiko penyakit yang mengintai anda. Salah satunya adalah masalah batu kandung empedu.

Kandung empedu juga memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Kantung empedu adalah organ kecil berbentuk seperti buah pir dan terletak di sebelah kanan perut. organ ini memiliki fungsi cairan empedu yang berguna bagi tubuh untuk digunakan untuk mencerna lemak. Kandung empedu juga bertanggung jawab atas sekresi makanan.

Menerapkan pola makan yang sehat akan membantu meningkatkan kesehatan kandung empedu dan mencegah batu empedu. Nah berikut ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya kamu hindari karena bisa memicu pembentukan batu kandung empedu.

1. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng mengandung banyak lemak jenuh.. Menurut Ashley Barrient, ahli gizi dan penasihat medis di Northwestern Memorial Hospital, makanan olahan seperti kentang goreng, donat, gorengan mengandung trans fat dan lemak. Zat-zat ini dapat dengan mudah memberikan tekanan pada kantong empedu dan memicu pembentukan batu di kandung empedu kamu.

2. Makanan berlemak tinggi

Daging berlemak tinggi seperti daging merah, babi, daging sapi, dan sosis dapat mengganggu fungsi kantong empedu. American Dibetetic and Dietary Committee merekomendasikan untuk menghindari daging berlemak dan menggantinya dengan protein lengkap.

3. Karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan dalam roti putih, tepung halus akan merangsang tubuh untuk menyimpan lemak, meningkatkan kolesterol dan menyebabkan pembentukan batu empedu. Selain itu, mengkonsumsi sejumlah besar makanan ini juga meningkatkan risiko gangguan kandung empedu. Orang dapat mengganti makanan kaya karbohidrat dengan makanan lain seperti pasta gandum, roti gandum dan beras merah.

4. Telur

Sebuah penelitian dari University of Maryland Medical Center mengatakan bahwa telur  memiliki kolesterol tinggi. Konsumsi telur terlalu banyak juga buruk bagi tubuh karena memengaruhi kantung empedu dan meningkatkan risiko batu empedu.