Rabu, Oktober 10, 2018

3 Makanan Murah Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

3 Makanan Murah Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Diabetes adalah penyakit yang bisa diderita sampai seumur hidup yang menyebabkan tingkat gula darah seseorang menjadi terlalu tinggi. Gula darah yang tinggi disebabkan oleh organ pankreas yang tidak berfungsi dengan baik menghasilkan insulin. Hormon insulin sendiri diproduksi oleh pankreas yang  memiliki tanggung jawab untuk mengendalikan jumlah glukosa dalam darah.

Nah untuk mencegah penyakit diabetes maka anda perlu mengontrol gula darah Anda. Berikut ini ada makanan murah yang pastinya mudah didapatkan yang bisa mengendalikan dan menurunkan tingkat gula darah Anda.

1. Telur

Telur tidak hanya makanan yang tinggi protein saja, makan 2 buah telur setiap hari juga bisa membantu memiliki gula darah yang stabil. Ahli gizi menyebut telur dapat menjaga kesehatan pankreas sehingga tidak terjadi resistensi insulin. Ini sangat berguna sekali karena insulin sangat dibutuhkan tubuh untuk mengurangi kadar glukosa atau gula dalam darah.

2. Tomat

Tomat merupakan makanan yang memiliki indek glikmeik yang rendah, makan tomat setiap hari bisa membantu mengurangi kadar gula darah Anda. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa makan  tomat mentah setiap hari bisa mengurangi tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular serta mencegah diabetes tipe-2. Selain itu, tomat juga mengandung lycopene, zat kuat yang dapat mengurangi risiko kanker.

3. Mentimun

Mentimun dapat membantu penderita diabetes tipe-2 dengan menurunkan kadar gula darah. Buah yang kaya air ini juga mengandung serat unik yang cukup banyak. Makan banyak serat juga dianjurkan karena dapat menurunkan gula darah. Serat berfungsi memperlambat pencernaan karbohidrat dan gula, yang dapat membantu menurunkan gula darah Anda.

Sebuah penelitian lebih lanjut, yang diterbitkan dalam jurnal Plant Foods for Human Nutrition, mengemukakan bahwa makan mentimun dapat menurunkan kadar gula darah dua kali lipat lebih cepat.