Rabu, Oktober 24, 2018

4 Gejala Asam Urat Tinggi yang Sering Disepelekan


Asam urat sering dipercaya sebagai penyakit yang umumnya menyerang orang tua saja, namun anggapan ini salah karena banyak anak muda kini yang menderita asam urat. Menurut data dari Institut Penelitian Kesehatan di Amerika Serikat, penyakit ini menjadi lebih umum dan kejadiannya telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Asam urat adalah salah satu penyakit yang bisa merusak otot. Kondisi ini terjadi ketika asam urat terakumulasi terlalu banyak di persendian. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit dan nyeri yang tidak nyaman di area seperti jari tangan, kaki, pergelangan tangan, pergelangan kaki. 

Biasanya, ginjal bekerja untuk mengeluarkan asam urat dari tubuh tetapi ketika Anda mengambil terlalu banyak makanan tinggi purin, ginjal akan kelebihan beban dan tidak dapat diproses tepat waktu.

Menurut ahli gizi Clare McKindley di Ronald Reagan Medical Center di UCLA, California, Amerika Serikat terlalu banyak makan makanan seperti susu, daging merah , alkohol, minuman beralkohol dan makanan laut bisa memicu asam urat tinggi. Minuman manis juga yang kadar fruktosa tinggi bisa meningkatkan kadar asam urat. Selain itu, kelebihan berat badan juga berkontribusi pada penyebab asam urat. 

Kini asam urat juga tidak hanya menyerang orang lanjut usia diatas 50 tahun, anak muda yang masih berusia 20 tahun pun rentan terkena asam urat akibat pola hidup yang salah. Nah berikut ada gejala-gejala asam urat tinggi pada anak muda yang wajib kamu ketahui.

1. Nyeri yang tiba-tiba di tengah malam

Pada tahap awal terkena asam urat biasanya kamu akan merasakan rasa sakit, rasa sakit mendadak mucul di tengah malam. Hal ini pun akan mengganggu tidur Anda dan membuat Anda lelah sepanjang hari. Tanda nyeri ini seperti ada sensasi terbakar di jari tangan atau kakinya, berhati-hatilah jika tanda ini muncul, Anda mungkin menghadapi tanda-tanda pertama dari penyakit asam urat.

2. Nyeri sendi yang parah

Setelah asam urat semakin parah, asam urat akan memicu neri di persendian. Biasanya rasa sakit berlangsung selama sekitar 5 hingga 10 hari dan kemudian menurun. Anda tidak boleh meremehkan tanda-tanda ini setelah rasa sakit hilang. Nyeri lebih parah akan kembali kambuh di kemudian hari.

3. Demam tinggi

Asam urat juga dapat menyebabkan demam tinggi. Debby Herbenick, seorang ahli farmasi dan penasihat medis di Indiana University, mengatakan bahwa setelah timbulnya rasa sakit, Anda mungkin mengalami demam disertai sakit kepala dan muntah. Rasa sakit dan nyeri ini juga muncul kembali di setiap saat dan menjadi semakin buruk. 

4. Ginjal bermasalah

Menurut para ahli medis, antara 10 hingga 25 persen orang dengan asam urat bisa memicu batu ginjal. Biasanya gejala ini muncul ketika asam urat mulai menjadi parah, hal inilah yang akhirnya membuat anda merasakan nyeri perut yang luar biasa. Jangan abaikan gejala ini, karena batu ginjal bisa membahayakan nyawa kamu.