Minggu, Oktober 28, 2018

Awas, Asam Urat Bisa Dipicu Sayuran Ini



Asam urat merupakan penyakit yang dipicu oleh kandungan purin. Bukan hanya jeroan ikan, alkohol dan daging merah saja. Akan tetapi sayuran yang sehat juga bisa memicu naiknya asam urat karena mengandung purin yang cukup tinggi.

Anda mungkin belum tahu, ada sayuran yang bisa memicu penyakit asam urat. Nah berikut ini daftar sayur yang sebaiknya kamu waspadai karena bisa membuat kamu terkena asam urat.

1. Kacang Panjang

Kacang panjang adalah sayuran sehat yang mengandung fosfor, mangan. Kalium sehingga baik untuk kesehatan anda. Akan tetapi sebaiknya anda tidak terlalu banyak saat mengkonsumsi kacang panjang karena setiap 100 gram kacang panjang terdapat 80 mg purin. Kadar purin sebanyak ini sudah cukup untuk menaikan kadar urat dalam tubuh anda.

2. Asparagus

Asparagus adalah sayuran favorit yang sering disajikan dengan daging merah, kadanga pula dijadikan salah satu bahan dalam sup. Namun, sayuran sehat ini sebaiknya dibatasi karena cukup banyak mengandung purin yang bisa picu asam urat tinggi.

3. Kembang Kol

Kembang kol mengandung vitamin C yang cukup banyak sehingga sangat dianjurkan untuk dimakan secara rutin. Namun, kembang kol juga termasuk sayuran yang mengandung purin yang tinggi sehingga bagi kamu yang menderita asam urat sebaiknya hindari makanan ini sebab bisa memicu asam urat kamu kambuh.

4. Bayam

Bayam merupakan makanan yang kaya kalium yang sangat sehat untuk kesehatan jantung dan tulang kamu. Namun dalam 100 gram bayam terdapat 58 mg purin yang artinya sudah cukup membuat kadar asam urat naik.

5. Jamur

Jamur juga dikategorikan sebagai sayuran yang bisa memicu asam urat anda naik. Dalam 100 gram jamur terdapat 97 mg purin, kandungan ini bisa dengan cepat menaikan kadar asam urat dalam tubuh.