Senin, November 05, 2018

5 Kebiasaan Ini Bisa Picu Gula Darah Naik

5 Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Gula Darah Naik

Gula darah tinggi merupakan kondisi berbahaya bagi tubuh. Penyakit ini bisa memicu beragam penyakit mematikan lainnya seperti diabetes, jantung, dan stroke. Penyebab naiknya gula darah sendiri bisa disebabkan oleh pola makan yang salah, terutama mereka yang suka makanan manis, gorengan, makanan daging tinggi lemak.

Namun, selain faktor makanan ada faktor kebiasaan sehari-hari yang bisa menaikan gula darah Anda. Kebiasaan ini bahkan tanpa disadari banyak orang telah menyebabkan gula darahnya naik. Apa saja kebiasaan tersebut? Simak penjelasannya dibawah ini.

1.  Tidak Sarapan

Kebiasaan tidak sarapan pagi adalah kebiasaan buruk yang sebaiknya kamu tidak lakukan lagi. Kebiasaan melawatkan sarapan bisa merusak jam makan kamu, Sebagai kompensasinya ini akan membuat kamu makan lebih banyak lagi tanpa kontrol di jam makan berikutnya. Kebiasaan inilah yang nantinya bisa menaikan gula darah kamu.

2. Kurang Tidur

Tidur adalah kebutuhan setiap orang, karena saat tidur tubuh akan melakukan regenerasi sel dan meperbaiki sistem yang rusak. Nah saat kamu kekurangan tidur, makan ini bisa meningkatkan stres dan dampaknya bisa menaikan gula darah tinggi.

3. Kebiasaan merokok

Sebuah penelitian di California state polytechnic University menemukan bahwa orang yang memiliki kebiasaan merokok cenderung memlikiki kadar nikotin yang tinggi, kadar yang berlebihan inilah yang bisa menyebabkan gula darah tinggi.

4. Menstruasi

Perempuan yang mengalami menstruasi juga rentan memiliki gula darah tinggi. Penyebabnya adalah hormon yang tidak stabil, saat memasuki masa menstruasi memang sering terjadi ketidakseimbangan hormon. Ketidakseimbangan hormon inilah yang nantinya membuat sensitivitas insulin menurun dan menyebabkan gula darah naik.

5. Kurang Minum air putih

Dehidrasi diakbibatkan oleh kekurangan cairan, nah kondisi ini berbahaya sekali karena bisa menaikan gula darah. Nah untuk itu sebaiknya kamu minum air putih sebanyak mungkin agar terhindar dari dehidrasi.