Kamis, November 01, 2018

5 Makanan Ini Dapat Menurunkan Hipertensi Secara Alami


Tekanan darah tinggi jangan dianggap sebagai penyakit sepele. Tekanan darah tinggi bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan risiko stroke. Untuk itu anda harus waspada ketika tekanan darah anda naik secara tiba-tiba.

Untuk mengurangi kemungkinan masalah berbahaya ini terjadi,  Anda disarankan mebubah gaya hidup anda untuk mengurangi atau menurunkan tekanan darah. Salah satu cara untuk mengurangi risiko hipertensi, Anda harus mencoba makan lebih banyak makanan yang kaya kalium.

Makanan kaya kalium ini membantu menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh, yang mendukung organ vital termasuk ginjal untuk mengendalikan tekanan darah. Nah berikut ada beberapa makanan yang bisa menurunkan tekanan darah secara alami.

1. Pisang

Pisang adalah buah kaya kalium yang sangat baik untuk penderita hipertensi. Dalam sebuah penelitian yang telah dilakukan telah mengemukakan bahwa mengonsumsi dua buah dalam sehari dapat menurunkan tekanan darah hingga 10%.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau cenderung tinggi potasium , ini artinya makanan seperti bayam, kol, brokoli bisa membantu ginjal menyingkirkan natrium melalui urin Anda. Hal ini pun bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi Anda.

3. Jamur

Jamur adalah makanan ainnya yang mengandung banyak potasium. jamur shiitake misalnya bisa menjadi yang terbaik untuk memangkas risiko hipertensi. Jamur ini juga mengandung ereitadenine, zat yang meningkatkan sirkulasi darah.

4. Tomat

Tomat kaya akan likopen, yang terbukti membantu mengurangi tekanan darah. Buah ini juga sumber protein yang bagus, yang membantu mengurai garam di dalam tubuh.

5. Kismis

Sebuah penelitian yang diterbitkan di American College of Cardiology menemukan bahwa makan segenggam kismis setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.