Rabu, November 07, 2018

5 Makanan yang Menyebabkan Gagal Ginjal


Jumlah orang yang mengalami gagal ginjal dalam beberapa tahun terakhir telah meningkat pesat. Kebiasaan makan yang tidak seimbang, alkohol, rokok, penyalahgunaan obat adalah salah satu penyebab kerusakan ginjal.

Ginjal sendiri merupakan organ vital yang memiliki tugas untuk menyaring racun dalam tubuh, mengendalikan tekanan darah, dan menghasilkan sel darah merah. Nah agar anda terhindar dari gagal ginjal sebaiknya tinggalkan kebiasaan berikut ini.

1. Minum Alkohol 

Minum minuman keras secara teratur dapat membahayakan hati dan ginjal. Kandungan asam asetat, aldehid, metanol dapat menyebabkan keracunan. Pasien yang menderita keracunan alkohol bisa meningkatkan risiko gagal ginjal.

2. Makan Daging Merah Berlebihan

Pemakan daging secara teratur tiga kali lebih mungkin menderita gagal ginjal daripada mereka yang tidak. Alih-alih daging, Anda harus makan banyak buah dan sayuran untuk melindungi dua ginjal Anda.

3. Saus kemasan

Saus merupakan salah satu bahan makanan yang disukiai banyak orang. Namun, saus kemasa dipenuhi dengan sodium, yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan juga menyebabkan penyakit ginjal.

4. Minuman bersoda

Minuman ini mengandung banyak zat pengawet yang mengancam kesehatan, jika diminum setiap hari bisa meningkatkan protein dalam urin. Ini merupakan salah pertanda ginjal anda bisa mengalami kerusakan

5. Makanan olahan

Dalam makanan olahan ada banyak pengawet. Ketika zat ini masuk ke tubuh akan terakumulasi, dan akhirnya membuat tugas hati dan ginjal kelebihan beban, jika diteruskan kebiasaan ini bisa membuat hati dan ginjal anda rusak.