Thursday, April 27, 2017

Ini Penyebab Menopause Dini Terjadi Pada Wanita

Menopause Dini
Ilustrasi Menopause dini
Menopause dini Menopause umunya terjadi pada wanita yang sudah memasuki usia antar 40-50 tahun. Siklus ini biasanya menandakan bahwa wanita sudah berhenti dalam melakukan reproduksi dengan kata lain sudah tidak bisa lagi mendaptkan anak. 

Namun, ternyata menopause juga bisa terjadi lebih awal atau menopause dini. Kondisi ini terjadi lebih awal, bahkan ada wanita yang mengalami menopause dini di usia 20 tahunan. Nah kamu mungkin penasaran dengan penyebabnya? nah untuk itu simak ulasan berikut tentang alasan menopause dini terjadi pada wanita.

1. Turunan dan masalah genetis

Alasan pertama adala karena keturunan, jika ada salah satu saudara wanita kita baik ibu atau nenek yang mengalami menopause dini ini juga dapat ditutunkan pada anaknya. Penyabab lainnya adalah masalh genetis dimana terjadinya sindrom Fragile X, dimana ovarium mengalami kekeruangan gen Primer Fragile X.

2. Gangguan autoimun

Gangguan auotoimun juga bisa menyebabkan menopasuse dini, saat terserang masalah ini wanita akan terserang penyakit addinson atau masalah kekerungan produksi hormon adrenalin. Selanjutnya inilah yang menyebabkan imun tubuh mudah mengalami kerusakan yang berdampak pada proses pengurangan kualitas saat produksi sel telur.

3. Terpapar Racun

Paparan dari racun seperti racun dari rorko dapat menyebabkan kerusakan dini di ovariumdan juga bisa menyababkan kerusakan pada sistem kelenjar primordial yang berfungsi dalam masa menopasuse. Nah saat kelenjar ini terganggu akan semakin menyusut menopause dini bisa terjadi.

4. dalam masa Kemoterapi

Pengobatan kanker seperi kemoterapi juga bisa menyebabkan menopause dini pada wanita, paparan radiasi dan obat yang tinggi zat kimia dapat merusak organ ovarium wanita secara perlahan.