-->

Tuesday, October 31, 2017

8 Manfaat Menakjubkan Rutin Minum Teh Kunyit

Manfaat Menakjubkan Rutin Minum Teh Kunyit

Kunyit termasuk rempah yang mudah didapatkan di indonesia, rempah ini kerap kali diandalkan sebagai bahan penikmat rasa makanan tradisional di Indonesia, bahkan sering juga dijadikan jamu tradisional. Namun, kunyit tidak hanya dijadikan bahanrempah semata saja. Kunyit juga bisa dimanfaatkan sebagai teh. Teh yang berasal dari kunyit ternyata dianggap manjur untuk meningkatkan kesehatan tubuh. 

Dalam kunyit memang terdapat banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berkat kandungan anti-inflamasi dan antioksidan, kunyit membantu mengurangi risiko mutasi sel dan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Berikut ada beberapa manfaat menakjubkan dari rutin minum teh kunyit seperti dilansir dari laman MNT.com.

1. Mengurangi Gejala Arthrirtis

Berkat sifat anti-inflamasi, teh kunyit dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh arthritis atau kekakua pada sendi-sendi tubuh.

2. Meningkatkan sistem imun

Kurkumin dalam teh kunit terbukti membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh melalui sifat antioksidan, anti-inflamasi, antivirus dan antibakteri.

3. Mengurangi komplikasi kardiovaskular

Beberapa studi menunjukkan bahwa teh kunyit memiliki manfaat untuk menyehatkan jantung. Penelitian tahun 2012 menemukan bahwa, dengan meminum kurkumin 4g / hari selama 3 hari sbisa menjaga arteri koroner menjadi lebih sehat, ini akan menurunka risiko terka serangan jantung sebesar 17%.

4. Mencegah dan obat alami untuk kanker

Berkat anti-inflamasi dan antioksidan, teh kunit membantu mengurangi risiko mutasi sel-sel kanker. Beberapa studi menunjukkan bahwa teh kunyit juga menghilangkan pertumbuhan tumor dan mencegah sel-sel kanker menyebar luas.

5. Membantu mengendalikan sindrom iritasi usus besar

Kunyit telah lama digunakan untuk mengobati masalah pencernaan, beberapa studi menunjukkan bahwa teh kunyit dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sindrom iritasi usus.

6. Pencegahan dan pengobatan penyakit Alzheimer

Penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit neurodegenerative atau penyakit yang berkaitan dengan otak, kandungan antioksidannya yang tinggi membantu merawat seel otak menjadi lebih mudah dan tidak mudah rusak.

7. Mencegah kerusakan organ hati

Kunyit juga bisa meremajakan hati dengan baik, hati merupakan organ tubuh yang sangat penting. Hati juga salah satu organ yang perlu melakukan peremejaan.

8. Mengendalikan Diabetes

Kurkumin pada teh kunyit juga sangat berguna bagi penderita diabtes, kandungan ini berguna sekali menjaga hati memproduksi insulin. Teh kunyit sangat berguna sekali bagi penderita diabetes agar penyakitnya tidak bertambah parah.