-->

Wednesday, October 04, 2017

5 Faktor Penyebab Kanker Payudara pada Pria

5 Faktor Penyebab Kanker Payudara pada Pria

Walau terbilang jarang, pria juga bisa menderita kanker payudara. Menurut laporan laman Thehealthsite, ada 1 dari 400 orang pria yang mengalami penyakit ini. Lalu apa penyebab kanker payudara pada pria? Berikut ulasannya yang wajib kamu simak.

1. Genetik

Sama seperti wanita, risiko kanker payudara pada pria juga akan tinggi jika ibu Anda, nenek, saudara perempuan atau anggota keluarga dekat menderita kanker yang sama.

2. Paparan radiasi

Paparan radiasi dari terutaman bagian dada bisa menjadi faktor risiko untuk kanker payudara pada pria. Hal ini karena radiasi dapat memicu sel-sel normal menjadi sel kanker.

3. Obat terlarang

Karena obat-obatan terlarang, perawatan hormon atau bahkan beberapa infeksi dan racun juga bisa menyebabkan pria terkena kanker payudara.

4. Hormon estrogen meningkat

Kerusakan hati bisa memicu peningkatan hormon estrogen pada tubuh pria. Ini akan berdampak pada risiko terjadinya kanker payudara.

5. Masalah pada testis

Penyakit testis seperti orchitis, merupakan suatu kondisi yang menyebabkan peradangan pada salah satu atau kedua testis pada laki-laki (disebabkan karena virus mumps) dan masalah ini pula dapat memicu risiko kanker payudara pada pria.