Minggu, Oktober 29, 2017

Ini Penyebab Kolesterol Tinggi pada Orang Kurus

Ini Penyebab Kolesterol Tinggi pada Orang Kurus

Kolesterol yang tinggi sering diidentikan dengan orang-orang yang berbadan gemuk, sehingga banyak orang yang menganggap orang kurus terbebas dari kolesterol. 

Namun, bayangan ini ternyata salah. Kadar kolesterol tinggi tidak di ukur dari ukuran tubuh, mereka yang tubuhnya kurus pun sangat berpotensi memiliki kadar kolesterol yang tinggi. 

Mungkin banyak orang yang merasa aneh dengan ini, namun perlu anda tahu kadar kolesterol tinggi bisa menimpa siapa pun baik orang gemuk baikpun orang kurus. 

Nah, berikut ada beberapa penyabab yang perlu anda ketahui mengapa orang kuruspun bisa tertimpa masalah kadar kolesterol tinggi. Berikut ulasannya!

1. Kebiasaan makan yang buruk

Orang kurus kadang lebih buruk saat makan makanan yang yang berbahaya, seperti makanan yang kandungan trans lemaknya tinggi seperti gorengan. Sebagian orang kurus menganggap tubuhnya kurus menandakan bahwa kandungan kolesterol aman.

Namun, perkiraan ini salah. Sering makan makanan yang tinggi lemak trans memang tidak selamanya menyebabkan kegemukan, namun makan makanan jenis ini tentu akan sangat cepat dalam meningkatkan koleterol dalam tubuh.

2. Malas olahraga

Orang kurus kadang teledor dalam kegiatan fisik semacam olaharga, mereka merasa aman tanpa olahraga. Mereka menganggap tubuhnya pun bisa sehat karena melihat kondisi tubuh yang selalu kurus dan ideal. Namun, kebiasaan malas inilah yang menyebabkan kolesterol yang semakin tinggi.

3. Sering stres

Stres juga berkaitan dengan kadar kolesterol tinggi. Orang yang sering mengalami stres akan dengan mudahnya makan makanan yang tidak sehat, lalu tubuh orang yang sedang stres pun biasanya memudahkan kandungan glukosa dan lemak menumpuk yang menyebabkan kadar kolesterol tinggi, agar ini terjadi sebaiknya perbaiki menejemen stres anda cobalah untuk melakukan sesutau hobi agar anda tidak mudah mengalami stres.

4. Genetik

Tingkat kadar kolesterol yang tinggi pada orang kurus juga disebabkan oleh genetika, orang yang memiliki saudara atau kerabat dekat yang memiliki masalah dengan kolesterol juga berpotensi menurunkannya pada keturunan. 

Kadar kolesterol yang tinggi dapat membuat risiko Anda terkena masalah kesehatan mengerikan seperti jantung hingga diabetes. Untuk itu anda perlu rutin mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, imbangi pula dengan rutin makan makanan yang sehat serta rutin untuk berloharaga agar kolesterol mudah terbakar.