Rabu, November 01, 2017

6 Kebiasaan Sepele yang Merusak Kesehatan Mata

MERUSAK MATA

Menjaga kesehatan merupakan hal wajib, organ ini memang sangat vital bagi kehidupan. Namun, kesehatan mata ternyata sangat mudah terganggu. Masyarakat indonesia termasuk masyarakat yang sangat jarang bahkan malas dalam memeriksakan kesehatan matanya. Kepedulian pada kesehatan mata perlu ditingkatkan lagi. Nah termasuk menghindari kebiasaan yang merusak fungsi mata kamu. Berikut ada beberapa kebiasaan sepele yang merusak mata yang sebaiknya kamu ubah.

Begadang dan kurang tidur

Mata juga termasuk organ yang perlu istirahat, saat kamu begadang dan kekurangan jam tidur efeknya mata kamu akan mudah lelah, pedih, kering hingga iritasi dan yang paling menjengkel adalah lingakaran hitam yang pastinya menganggu sekali. Ubahalah gaya hidup begadaang ini, utamakan tidur lebih awal ya.

Mengucek mata terlalu keras

Mengucek mata saat gatal merupakan kebiasaan yang pasti sering kamu lakukan, namun sebaiknya dari sekarang hentikan kebiasaan buruk ini. Saat mengucek mata sangat berisiko merusak pembuluh darah yang di mata yang bisa saja melemahkan kemampuan mata kamu.

Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok juga bisa merusak kesehatan mata kamu, lho. Perokok aktif memiliki risiko tertinggi terkena masalah kesehatan mata seperti katarak, degenerasi makula, uveitis , mata kering, diabetes retinopati, hingga berisiko mengalami kebutaan.

Kebutuhan air minum yang tidak cukup

Kurangnya asupan minum air per hari bisa menyebabkan tubuh dehidrasi. Salah satu akibatnya ialah air mata yang dihasilkan tidak cukup untuk menjaga mata tetap lembab dan mendapatkan gizi seimbang. Gejala mata yang mengalami dehidrasi meliputi mata kering, kemerahan dan juga bengkak pada kelopak mata.

Kebiasaan malas makan buah dan sayur

Membiasakan makan makanan jung food berisiko sekali menyebabkan diabetes, Penderita diabetes biasanya memiliki kadar gula yang sangat tinggi. hal inilah yang bisa memicu komplikasi penyakit mengerikan yakni kebutaan.

Menatap Layar Laptop, Hp dan Tv Secara berlebihan

Masyarakat indonesia rata-rata menghabiskan 7,2 jam lebih perhari untuk melayar laptop, hp hingga tv. Kebiasaan ini termasuk tinggi dari semua negara manapun. Kebiasaan ini dilakukan untuk bekerja, hiburan dan kebiasaan sepele lainnya. Kebiasaan berlama-lama saat menatap layar inilah yang bisa merusak mata kamu.