Minggu, Desember 31, 2017

5 Makanan yang Mencegah Penyumbatan Pembuluh Darah

 Penyumbatan Pembuluh Darah

Penyumbatan arteri atau aterosklerosis dapat menyebabkan banyak penyakit seperti serangan jantung, diabates, stroke dan hipertensi. Penyakit ini memang erat kaitannya dengan aliran darah yang tidak sempurna. Penyumbatan arteri ini bisa disebabkan banyak hal diantaranya karena makanan tinggi lemak dan koesterol tinggi hingga akibat jarang berolahraga.

Tentu anda ingin terhindar dari beragam penyakit mematikan yang diakibatkan oleh kerusakan pembuluh darah Anda, Nah untuk itu berikut ada beberapa makanan sehat yang berguna sekali merawat dan mencegah kerusakan pembuluh darah.

1. Udang

Lemak dari daging merah mudah mengendap di pembuluh darah, dan dari waktu ke waktu dapat menyebabkan penyumbatan. Oleh karena itu, Anda perlu makanan yang mengandung lemak sehat. Udang merupakan sumber penting omega 3 asam lemak esensial, yang menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan mencegah timbunan lemak di pebuluh darah. Anda bisa memakan lima udang yang diolah dengan cara dikukus atau dipanggang, dua kali seminggu sudah cukup untuk mencegah penyumbatan arteri.

2. Buah Cranberry

Buah ranberry yang sangat baik untuk kesehatan jantung karena mengandung polifenol dan flavonoid yang bisa membersihkan pembuluh darah dari endapan lemak dan kolesterol jahat. Studi jugamenunjukkan bahwa mengkonsumsi buah cranberry dengan cara di jus bisa mengurangi kolesterol jahat dan mengontrol tekanan darah.

3. Anggur Merah

Anggur bisa meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah. Oksida nitrat sendiri proses yang membantu untuk melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Anda harus tahu bahwa anggur merah mengandung banyak antioksidan penting untuk kesehatan yang berguna mengurangi timbunan lemak dalam pembuluh darah.

4. Kiwi

Mengkonsumsi buah kiwi sangat berguna sekali untuk meningkatkan aliran darah dan membentuk lapisan pelindung pada pembuluh darah sehingga lemak yang tidak sehat tidak memiliki kesempatan untuk mengendap di pembuluh darah anda.

5. Semangka

Semangka mengandung senyawa adenosine, senyawa ini berguna sekali untuk membantu memperluas pembuluh darah. Bila pembuluh darah melebar, maka memiliki aliran darah lebih lancar dan dapat memompa darah lebih mudah ke jantung.