-->

Monday, January 15, 2018

4 Cara Alami untuk Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan merupakan masalah serius yang bisa di picu oleh infeksi virus maupun bakteri. Sakit tenggorokan memiliki ragam gejala seperti pembengkakan, tenggorokan kering, tenggorokan gatal, sakit tenggorokan, kesulitan menelan makanan dan air.

Jangan abaikan jika Anda memiliki masalah pada tenggorokan, karena bisa menurunkan kualitas hidup karena tenggorokan adalah saluran pencernaan utama yang harus dijaga kesehatannya. Dilansir dari laman giadinh.net, berikut ada beberapa bahan alami yang bisa sembuhkan sakit tenggorokan.

1. Air garam

Ini adalah salah satu obat sakit tenggorokan yang paling umum digunakan dan sangat efektif. Tambahkan 1-2 sendok teh garam dalam air hangat dan kumur selama sekitar 5 menit, bisa menyembuhkan sakit tenggorokan, karena kandungan garam bisa membunuh patogen yang bersarang di tenggorokan.

2. Jus jahe

Cara ini juga bisa membunuh bakteri di tenggorokan dan meringankan sakit tenggorokan dengan cara mengurangi peradangan. Campur 1 sendok teh madu, beberapa irisan jahe kecil dan 1 sendok makan jus lemon dalam segelas air hangat. Minum air jahe ini maka tenggorokan akan semakin membaik.

3. Larutan cuka

Cuka adalah ramuan lain di dapur dengan khasiat antibakteri dan anti-inflamasi khusus, yang bisa mengobati sakit tenggorokan. Tambahkan 2 sendok teh cuka ke segelas air hangat. Minumlah air hangat ini maka tenggorokan sedikit lebih ringan.

4. Kunyit

Metode ini direkomendasikan oleh pengobatan Ayurvedic India. Kunyit adalah antimikroba kuat yang bisa membunuh bakteri di tenggorokan. Campur 1 sendok teh bubuk kunyit dengan segelas air hangat. Dan Anda bisa meminumnya secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya.