Tuesday, January 23, 2018

4 Gejala Batu Ginjal yang Sering Diabaikan

Gejala Batu Ginjal

Ginjal merupakan organ penting, salah satu tugasnya adalah menyaring racun dalam darah. Namun, ginjal juga bisa terkena masalah seperti batu ginjal. Pemicu batu ginjal beragam penyebabnya, diantaranya adalah makan berlemak dan garam yang tinggi, selain itu kekurangan cairan tubuh juga bisa memicu batu ginjal.

Nah, saat batu ginjal terbentuk biasanya gejala yang muncul sangat sulit terdeteksi. Beberapa gejala bahkan dianggap sebagai penyakit lain. Dilanasir dari laman Kehn14.vn, berikut gejala batu ginjal yang diabaikan banyak orang.

1. Sakit punggung dan perut

Saat urine dari ginjal ke kandung kemih tersumbat oleh batu maka rasa sakit akan terjadi didaerah perut dan punggung belakang bagaian bawah. Namun, banyak orang tak sadar jika ini adalah gejala batu ginjal, banyak orang menganggap ini gejala usus buntu biasa.

2. Sakit saat buang air kecil

Menurut Andy Ahuja, seorang ahli medis yang berasal di Houston, AS, batu ginjal akan keluar bersama urine namun ukuran yang besar akan melukai organ pada aliran urin tersebut. Jadi, penderita batu ginjal akan merasa nyeri saat buang air kecil.

3. Mual-Mual

Saluran kemih bisa tersumbat oleh adanya batu ginjal. Bila kondisi ini terjadi, urin tidak bisa melakukan perjalanan ke kandung kemih. Rusha Modi, MSc spesialis Gastroenterologi dan Associate Professor Clinical Medicine di Keck Medical Center di California, ini akan membuat saraf usus terpengaruh, mengakibatkan mual dan muntah.

4. Demam tinggi

Demam tinggi juga bisa muncul ketika batu ginjal sudah sangat sulit dikeluarkan. Demam ini bisa jadi gejala Anda sudah terkena infeksi. Batu ginjal bisa menjadi tempat untuk bakteri hidup. Dr. Brian Norouzi, ahli urologi di Rumah Sakit St. Patrick Yusuf mengatakan ini adalah gejala darurat dan harus segera ditangani. Jika Anda demam dan merasa kedinginan, disertai gejala batu ginjal lainnya, segera kunjungi rumah sakit dalam waktu cepat.