-->

Sunday, January 21, 2018

5 Kebiasaan Sepele yang Picu Pengerasan Pembuluh Darah

Pengerasan Pembuluh Darah

Kehidupan manusia yang panjang atau pendek tergantung pada kesehatan pembuluh darah. Ketika pembuluh darah tersumbat atau terjadi pengerasan maka akan memicu beragam penyakit mematikan. Pengerasan arteri atau pembuluh darah sering disebut dengan aterosklerosis.

Masalah kesehatan ini adalah penyebab paling umum dari penyakit jantung, stroke, dan kematian mendadak. Untuk mencegah terjadinya pengerasan arteri, Anda harus menghindari kebiasaan buruk berikut ini.

1. Makanan Berminyak

Jika kita makan dalam jumlah besar makanan yang mengandung minyak maka nutrisi dalam makanan tidak akan diserap dengan baik, bahkan residu dari makanan tersebut tidak bisa dihilangkan keluar, lemak dari minyak akan menumpuk di pembuluh darah.

2. Merokok

Kebiasaan merokok juga bisa menyempitkan pembuluh Anda lho. Bahkan, setelah berhenti merokok, butuh 10 tahun tubuh benar-benar dapat memperbaiki kerusakan pada endotel vaskular.

3. Makan Terlalu banyak Gula dan Garam

Ketika Anda makan makanan terlalu manis dan terlalu asin, pembuluh darah akan mengalami kemacetan dan memicu muncul keriput. Ketika dinding pembuluh darah menyempit maka Anda akan mudah mengalami tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular.

4. Jarang Berolahraga

Jarang berolaharaga akan membuat residu terutama dalam darah, seperti lemak, kolesterol, gula dan zat lainnya menumpuk di dalam darah, menyebabkan darah menjadi tebal dan kotor, ini juga akan memicu pengerasan pembuluh darah dengan memicu plak aterosklerosis, secara bertahap berubah menjadi bom waktu yang setiap saat meldak.

5. Jarang Gosok Gigi

Bakteri mulut dapat menghasilkan racun, menyerang sistem peredaran darah dan kerusakan pembuluh darah. Oleh karena itu, Anda harus rutin menjaga kebersihan mulut menyikat gigi minimal 2 kali di pagi dan sore hari dan jika memiliki masalah gigi berlubang sebaiknya segera prbaiki, karena bakteri tersebut bisa masuk lewat oembuluh darah yang ada di gigi berlubang tersebut.