Thursday, February 22, 2018

4 Manfaat Rutin Makan Ikan Salah Satunya Lindungi Jantung dari Kerusakan

4 Manfaat Rutin Makan Ikan Salah Satunya Lindungi Jantung dari Kerusakan

Ikan merupakan sumber protein dan asam lemak yang sangat tinggi, namun konsumsi ikan di indonesia masih sangat rendah. Banyak orang yang memang kurang suka mengkonsumsi ikan alasannya sangat sepele seperti banyak duri, bau, dan kurang berselera.

Padahal jika dibandingkan dengan daging sapi maupun ayam, ikan tidak kalah jauh kandungan pentingnya. Bahkan ikan bisa disebut sebagai makanan yang memiliki manfaat lebih. 

Menurut laman Shape.com, berikut ada beberapa manfaat rutin makan ikan yang perlu kamu ketahui.

1. Baik untuk jantung

Berbeda dengan daging ayam maupun daging sapi, ikan memiliki kandungan asam lemak yang tinggi dan kandungan koesterol yang rendah. Kandungan ini tentu sangat berguna menyehat jantung dan menghindarkannya dari kerusakan. Rutin makan ikan bisa menyehatkan pembuluh darah di seluruh tubuh.

2. Mencegah risiko terkena diabetes

Daging ayam dan daging sapi cenderung bisa membuat tubuh gemuk lebih cepat, ini karena lemak yang begitu banyak. Sedangkan ikan memiliki lemak cenderung sedikit. Ini berarti ikan bisa mengontrol glukosa dalam tubuh dan membantu mencegah penyakit diabetes yang mematikan.

3. Mencegah kanker kulit

The American Journal of Clinical Nutrition mengemukakan, kandungan asam omega-3 pada ikan sangat berguna melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan plusi matahari. Rutin makan ikan yang kayam asam lemak omega-3 bisa membantu mencegah masalah kulit, seperti kulit kering, kusam dn tentunnya menghindarkan dari penyakit kanker kulit.

4. Membantu Meningkatkan Kemampuan Otak

Orang yang rutin makan ikan ternyata tidak mudah alami hilang ingatan. Omega-3 pada ikan sangat membantu merawat kesehatan otak anda, ikan juga termasuk makanan yang bisa mencegah penyakit alzheimer, demensia dan masalah lainnya yang berkaitan dengan usia lanjut.