Sunday, February 18, 2018

4 Cara Agar Terhindar Dari Tekanan Darah Tinggi

4 Cara Agar Terhindar Dari Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi dianggap sebagai "silent killer" atau penyakit yang bisa membunuh secara diam-diam dan mendadak. Penyakit ini tidak memiliki gejala yang jelas. Banyak sekali pemicu tekanan darah tinggi, seperti makan makanan asin, tinggi gula, akohol serta jarang berolahraga.

Untuk membantu mengurangi risiko bahaya tekanan darah tinggi. Anda harus merubah gaya hidup, Nah berikut beberapa gaya hidup yang perlu kamu terapkan agar terhindar dari masalah tekanan darah tinggi.

1. Kurangi Garam

Mengurangi asupan garam Anda adalah cara tercepat untuk menurunkan tekanan darah Anda, Anda harus membatasi asupan Anda menjadi 2.300 mg sehari. Untuk mengurangi tingkat asupan garam Anda, Anda perlu melacak berapa makanan yang kandungan garammnya sangat tinggi. Seperti kurangi makanan keripik, daging olaharan karena makanan tersebut biasanya mengandung sodium yang banyak.

2. Perhatikan berat badan

Berat badan yang ideal adalah sesuai dengan tinggi badan Anda (BMI), memiliki berat badan idela bisa risiko terkena masalah tekanan darah. Memiliki berat badan idela juga membantu Anda jantung lebih sehat, karena akan membuat jantung Anda bekerja secara normal..

Penting agar Anda memperhatikan lingkar pinggang Anda juga. Memiliki lingkar pinggang yang terlalu besar meningkatkan risiko bahaya terkena tekanan darah. Linkar pinggang ideal bagi pria adalah 40 inci dan wanita 35 inci.

3. Berolahraga Secara Teratur

Aktif dalam berolahraga secara teratur (60 menit dalam seminggu) bisa menurunkan risiko terkenan tekanan darah dengan, olahraga secara teratur juga menjaga kesehatan jantung dan arteri dalam kondisi baik.

Olahraga aerobik adalah pilihan tepat karena sangat membantu jantung Anda; ini adalah latihan berulang dan berirama menggunakan kelompok otot besar seperti tubuh, kaki, bahu dan lengan. Berjalan, joging, berenang dan menari semuanya digolongkan sebagai latihan aerobik.

4. Batasi asupan alkohol dan kebiasaan merokok

Menghindari alkohol, merokok merupakan faktor lanjutan yang bisa menurunkan risiko agar Anda tidak terkena masalah tekanan darah tinggi. Lebih baik anda sering mengkonsumsi buah segar yang bisa membersihkan pembuluh darah yang nantinya bisa menyehatkan tekanan darah Anda.