-->

Thursday, February 01, 2018

9 Gejala Kanker Servik yang Tidak Boleh Kamu Abaikan

9 Gejala Kanker Servik

Kanker servik merupakan pembunuh utama untuk kaum wanita. Penderita kanker ini dari tahun ke tahun selalu naik drastis. Kanker jenis ini tidak hanya menyerang wanita lanjut usia, wanita usia muda pun sangat rentan terkena kanker servik.

Kanker servik disebabkan oleg virus HPV atau human papilloma virus, awalnya virus ini akan menyerang bagian leher rahim namun tahap demi tahap kanker akan menjalar ke sluruh tubuh. Adanya banyak pemicu dari kanker servik, seperti kebiasaan buruk aktivitas seksual yang tidak aman, penggunaan jarum suntik bersama dan kebiasaan merawat kebersihan organ intim.

Kanker servik termasuk penyakit kanker yang gejala sulit terdeteksi.Gejalanya sangat tersembunyi sehingga banyak wanita yang tidak sadar jika dirinya menderitaa kanker yang mematikan ini. Nah, untuk itu berikut ada beberapa gejala kanker servik yang perlu kamu ketahui.

1. Terasa sakit saat berhubungan seksual.
2. Darah terus keluar setelah melakukan hubungan seksual,
3. Darah yang keluara saat menstruasi terlalu banyak
4. Keputihan yang tidak normal, berwarna tidak bening, bau yang sangat menyengat dan terasa gatal
5. Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.
6. Nyeri di bagian panggul dan mudah alami kelelahan
7. Alami sembelit berkempanjangan
8. Periode menstruasi kadang lebih panjang dan sebaliknya.
9. Ingin baung air terus akibat kandung kemih rusak.

Kanker servik memang cukup lama pertumbuhannya, perlu 10-20 tahun virus menginfeksi tubuh Anda. Namun, saat kanker ini sudah parah dan menginjak stadium akhir harapan hidup seseorang akan sangat sulit dipastikan.

Kanker servik adalah kanker pembunuh yang cukup tinggi angka kematiannya. Sehingga Anda perlu mengetahui gejala dari kanker ini. Selain itu Anda juga disarankan untuk melakukan pencegahan secara dini agar tidak terkena penyakit ini. Hindari hubungan seksual yang tidak sehat, jangan menggunakan narkotika, dan utamakan gaya hidup sehat.