-->

Monday, February 05, 2018

4 Jenis Makanan yang Meningkatkan Risiko Kena Kanker Usus

Risiko Kena Kanker Usus

Kanker usus merupakan kanker yang semakin mengkhawatirkan, Penderita kanker ini terus meningkat dari tahun ketahun. American Cancer Society mengemukakan penderita kanker usus di Amerika pada tahun 2017 sekitar 50.000 orang lebih, dan memprediksi pada tahun 2018 akan meningkat sekitar 90.000 orang.

Banyak sekali pemicu kanker usus, terutama diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Seperti jarang berolahraga, obesitas dan tentunya adalah kebiasaan makan makanan yang kurang sehat. Menurut situs thealternativedaily.com, makanan berikut ternyata dapat meningkatkan seseorang terkenan kanker usus.

1. Daging Merah

Daging merah terutama yang dibakar atau dipanggang merupakan makanan pertama yang bisa meningkatkan risiko kanker usus paling tinggi. Daging merah yang dibakar mengandung zat kimia berbahaya seperti Heterosiklik amina (HCA) dan Polycyclic aromatic hydrocarbons (PAH). Zat kimia ini jika masuk kedalam tubu terlalu banyak bisa merusak sususan DNA dan mmemicu sel kanker.

2. Minuman Bersoda

Soda merupakan minuman yang kaya akan kandungan gula fruktosa, kandungan jika masuk kedalam tubuh secara berlebihan akan memicu rusaknya ormon insulin. Kerusakan insulin inilah yang bisa memicu beragam jenis kanker seperti kanker hati, usus dan pankreas.

3. Makanan Kalengan

Makanan yang diolah secara kalengan memang sangat praktis bahkan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Namun, makanan kalengan memiliki kandungan pengawet yang cukup tinggi. Bahan kimia dari pengawet inilah yang jika dikonsumsi terlalu banyak bisa meningkatkan risiko trekena kanker usus.

4. Makana Instan

Makanan instan juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker usus. Makanan serba instan memiliki kandungan gula dan bahan pengawet yang tinggi. Bukan hanya itu, makanan instan juga biasanya memiliki kandungan kalori yang sangat besar jika terlalu sering dikonsumsi bisa memicu masalah obesitas akut.