-->

Saturday, February 17, 2018

6 Risiko Bahaya Jika Tubuh Kekurangan Vitamin D

risiko bahaya kekurangan vitamin D

Vitamin D sangat penting bagi tubuh manusia, vitamin D memainkan peran kunci dalam memastikan berfungsinya otot, jantung, paru-paru dan fungsi otak. Bila tubuh kekurangan vitamin D, tubuh mungkin menghadapi penyakit yang sangat berbahaya.

Dilansir dari laman Kenh14.vn, berikut ada beberapa risiko bahaya saat tubuh alami kekurangan asupan Vitamin D.

1. Tulang Keropos

Tulang adalah bagian penting dari tubuh. Kekurangan vitamin D adalah salah satu penyebab osteoporosis, yang dapat menyebabkan penipisan kalsium, keropos tulang, dan peningkatan risiko patah tulang.

2. Tekanan Darah Tinggi

Kekurangan vitamin D dalam tubuh dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

3. Kanker

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa lebih dari 75% orang dengan berbagai jenis kanker seringkali memiliki kadar vitamin D dalam tubuh yang rendah. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan asupan vitamin D Anda.

4. Depresi

Kekurangan vitamin D juga menjadi alasan untuk menyebabkan Anda alami depresi. Secara khusus, vitamin D dibutuhkan di banyak area otak dan terlibat dalam proses otak. Kekurangan vitamin D bisa merusak mood dan berujung pada stres, depresi dan rasa kurang senang.

5. Mudah Alergi

Alergi bisa terjadi bila tubuh kekurangan vitamin D, terutama pada anak kecil. Pemberian vitamin D ke tubuh akan membantu Anda menghindari gangguan ini.

6. Diabetes Tipe 2

Studi telah menunjukkan hubungan antara kekurangan vitamin D dan diabetes tipe 2. Bahkan ada bukti bahwa vitamin D meningkatkan fungsi hormon insulin. Hormon ini membantu membatasi kadar glukosa. Nah, vitamin D kurang maka bisa merusak hormon ini dan memicu penyakit Diabetes.