-->

Friday, March 02, 2018

4 Gejala Kista Ovarium yang Harus Diwaspadai Wanita

Kista ovairum

Kista merupakan tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan. Kista biasanya berisi udara, cairan, nanah, ataupun bahan-bahan lainnya. Kista umumnya menyerang wanita dan tumor lunak ini bisa menyerang semua bagian tubuh, mulai dari payudara, perut, ovarium hingga vagina.

Kista merupakan tumor lunak yang tidak berbahaya, namun penyakit ini memerlukan operasi untuk proses penyembuhan. Kista yang paling populer ialah kista ovarium atau kista yang tumbuh di ovarium. Berikut ada tanda saat kista tumbuh dibagian ovarium wanita.

1. Rasa sakit pada organ wanita

Kista ang tumbuh di ovarium bisa memicu sakit yang tidak henti dibagian organ intim wanita. Rasa neri yang dikeluarkan juga sangat hebat dan cukuo lama, kista di ovarium juga bisa merusak periode haid wanita.

2. Nyeri perut

Perut juga akan terasa nyeri, ini bukan karena masalah pencernaan. Kista yang tumbuh di ovarium akan menekan bagian tertentu yang memicu rasa nyeri konatan yang hebat, Nyeri ini kadang menjalar ke area pinggul.

3. Perut Membengkak

Ukuran rata-rata kista biasanya 10 centimeter, namun kadang lebih dari itu. Nah saat ukuran kista ovarium membesar maka perut pun akan membengkak, gejala ini sering diabaikan dan dianggap sebagai penambahan berat badan biasa.

4. Urin yang tersumbat

Kista yang tumbuh pada ovarium juga bisa membuat kandung kemih merasa penuh terus dan ingin merasa ingin kencing terus, namun urin ini akan sedikir sulit keluar karena tersumbat oleh kista yang semakin membesar.