-->

Saturday, March 24, 2018

Kurang Tidur Bisa Picu 4 Penyakit Berbahaya ini


Kurang Tidur Bisa Picu 4 Penyakit Berbahaya ini

Tidur merupakan kebutuhan yang sangat penting demi menjaga kesehatan tubuh. Waktu tidur yang pas adalah 7-8 jam perhari, kurang dari ini maka bisa memicu masalah kesehatan yang mengamcam nyawa. Tidur merupakan proses penting untuk mengembalikan energi tubuh, saat tidur tubuh akan memulihkan tubuh untuk kembali segar.

Namun, saat ini banyak orang yang mengalami kekurangan jam tidur, banyak orang saat ini tidur perhari hanya lima jam sehari bahkan ada yang lebih sedikit. Kekurangan tidur ini disebabkan oleh lembur kerja, atau kebiasaan sepele seperti bergadang

Kekurangan jam tidur bisa membuat keseimbangan tubuh menjadi berkurang, senyawa kimia dan sel dalam tubuh pun akan terpengaruhi. Menurut laman Zeenews.com, berikut ada risiko bahaya jika Anda kurang tidur.

1. Merusak Hati 

Kurang tidur juga bisa mempengaruhi hati Anda, saat tidur hati sebenarnya akan melakukan regenerasi sel untuk memperbaiki sel yang mati atau rusak. Namun akibat anda terjaga setiap malam membuat organ hati terpkasa bekerja dengan waktu lama, kebiasaan ini jika dilakukan dalam jangka waktu lama bisa membuat organ hati anda mengalami penurunan fungsi bahkan bisa memicu kerusakan hati.

2. Meningkatkan Terkena serangan jantung

Saat ini banyak orang yang terkena serangan jantung, ternyata fakta ini berkaitan erat dengan gaya hidup yang tidak baik. Salah satunya ialah kekurangan jam tidur, tidur yang cukup ternata bisa membantu mengurangi serangan jantung sebaliknya jika anda kekurangan jam tidur maka risiki terkena serangan jantung akan meningkat.

3. Diabetes

Kurang tidur juga bisa meningkatkan tingkat gula darah, ini berarti kurang tidur bisa meningkatkan tubuh anda terkena penyakit diabetes. Pastikan untuk memerhatikan jam tidur anda untuk terhindar dari penyakit ini.

4. Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh

Kurang tidur juga bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh, Studi telah menunjukan bahwa orang-orang yang kurang tidur 7-8 jam perhari cenderung lebih mudah terserang bakteri dan virus.