Kamis, Maret 01, 2018

Manfaat Tanaman Ciplukan Untuk Sembuhkan Beragam Penyakit

Manfaat Tanaman Ciplukan Untuk Kesehatan Tubuh

Ciplukan merupakan tanaman yang dianggap benalu yang mengganggu, sehingga tanaman ini pun sering dihilangkan begitu saja. Namun, saat ini tanaman ciplukan sering dibudidayakan karena harga tanaman ini semakin mahal seiring banyak orang yang mencari sebagai bahan obat tradisional.

Ciplukan merupakan tanaman yang ternyata memiliki banyak manfaat. Mulai dari buah, daun hingga akar tanaman ciplukan ternyata dimanfaatkan untuk pengobatan. Dilansir dari beragam sumber berikut manfaat tanaman ciplukan yang harus kamu tahu.

Buah Ciplukan

Buah ciplukan tidak memiliki rasa spesial, buah ciplukan memiliki rasa kecut dan cenderung hambar. Namun buah ciplukan kaya manfaat seperti ampuh mengobati bisul, sembelit, dan masalah lainnya yang berhubungan dengan pencernaan. Buah Ciplukan memiliki kandungan senyawa seperti Vitamin C, gula, fisalin, tanin, kriptoxanin, polifenol dan steroid yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Caranya mudah sekali anda tinggal mengambil buah ciplukan yang matang lalu dimakan seperti buah biasa.

Daun Ciplukan

Daun ciplukan juga bermnafaat hebat untuk kesehatan, daun ini ternyata sangat ampuh untuk mengobati masalah yang berkaitan dengan organ liver, kandung kemih, hepatitis, asam urat, asma dan ginjal. Daun Ciplukan mengandung Plavonoid dan saponin, ini merupakan antioksidan yang berguna sekali untuk mencegah bermacam-macam penyakit. Untuk mendapatkan khasiat daun ciplukan Anda bisa menggunakan sebagai teh herbal, ambil daun ciplukan lalu keringkan setelah itu anda bisa merebus daun kering tersebut dengan air, tiriskan dan bisa langsung diminum.

Akar Ciplukan

Akar ciplukan juga memiliki manfaat tak kalah hebat dari bagian tanaman lainnya, akar tanaman ciplukan ternyata bisa mengobati masalah kencing manis atau diabetes. Akar ciplukan mengandung alkaloid ang berguna untuk meningkatkan kinerja liver untuk menghasilkan hormon insulin. Hampir sama seperti daun ciplukan, akar ciplukan harus dibersihkan lalu dikeringkan nantinya bisa direbus bersama air dan dijadikan teh herbal.