-->

Saturday, April 28, 2018

Jangan Panaskan Makanan Ini dalam Microwave Lagi, Ini Alasannya

Jangan Panaskan Makanan Ini dalam Microwave, Ini Alasannya

Microwave merupakan alat dapur yang sangat dibutuhkan saat ini, alat memasak ini memang sangat membantu sekali karena sering digunakan sebagai alat menghangatkan makanan dengan cepat. Namun, ketergantungan pada microwave sebaiknya dikurangi karena microwave tak selamanya bermanfaat.

Microwave merupakan alat yang sering dijadikan sebagai alat penghangat makanan, namun untuk kasus tertentu tidak semua makanan cocok di hangatkan di microwave. Nah, berikut ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan di microwave.

1. Sayuran Hijau

Syauran hijau sebaiknya jangan kamu panaskan di microwave, makanan hijau sepert kangkung, bayam merupakan makanan kaya nitrat. Nah saat dihangat di microwave, kandungan ini berubah menjadi nitrosamin yang ternyata bersifat karsinogenik atau bisa memicu sel kanker.

2. Ayam

Ayam juga makanan yang tidak cocok dihangatkan di microwave, jika ingin menggunakannya anda wajib sekali membersihkan bakteri di ayam tersebut. Jika tidak maka bakteri akan bertahan di dalam ayam walau telah dipanaskan. Ini karena microwave tak bisa memberikan panas merat keseluruh ayam sehingga kemungkinan besar bakteri masih hidup dan bertahan di ayam sangat tinggi.

3. Kentang

Memasak kentang dengan microwave tidak akan membunuh bakteri dalam kentang. Nah untuk itu sebaiknya hindari memasak dan menghangatkan makanan kentang di microwave.

4. Daging Olahan

Daging olahan seperti sosis, bacon, dengdeng, dan lainnya merupakan jenis makanan yang mengandung banyak zat pengawet dan perasa. Memanaskan makanan jenis ini di microwave dapat mengubat zat-zat tersebut lebih berbahaya untuk kesehatan tubuh. Bahkan bisa memicu perubahan sistem kimiawi dalam tubuh Anda dan paling mengerikan bisa memicu jantung koroner.