Saturday, May 12, 2018

Bahaya, Makanan Sehat Ini Bisa Sebabkan Batu Ginjal


Batu ginjal merupakan penyakit yang sering disepelekan, penyakit ini memang tak sebahaya dari gagal ginjal tapi batu ginjal juga cukup berbahaya karena bisa mengancam nyawa. Batu ginjal bisa memicu infeksi ginjal jika ukurannya semakin membesar. Nah untuk itu perlu proses pengluaran batu ginjal untuk mencegah bahaya lebih lanjut.

Batu ginjal sendiri biasanya terbentuk akibat gaya hidup yang tak sehat seperti sering makan makanan tinggi garam, gula, makanan tinggi lemak, soda, alkohol, jarang minum air putih, jarang olahraga dan lain-lain. Tapi selain  gaya hidup yang tidak sehat ternyata batu ginjal juga bisa dipicu oleh makanan sehat. Berikut daftar makanan tersebut:

1. Daging Merah

Daging merah merupakan makanan sehat yang termasuk makanan tinggi protein, akan tetapi daging merah juga bisa memicu bahaya jika terlalu banyak dikonsumsi. Daging merah bisa memicu urine anda menjadi lebih asam. Nah kondisi inilah yang bisa memicu batu ginjal berjenis asam urat.

2. Telur

Telur juga makanan sehat selanjutnya yang bisa memicu batu ginjal asam urat. Sumber protein hewani ini jika masuk kedalam tubuh secara berlebihan bisa menyebabkan batu ginjal. Protein hewani merupakan sumber makanan sehat namun sumber protein ini akan dipeah menjadi purin, jika berlebihan asupanya maka akan membentu asam urat di ginjal Anda.

3. Makanan Kaya Oksalat

Oksalat juga senyawa yang bisa membentuk batu ginjal. Makanan sehat yang tinggi kandungan oksalat adalah tempe, bit, sayur bayam, cokelat dan kopi. Nah jika Anda ingin terhindar dari batu ginjal sebaiknya jangan berlebihan mengkonsumsi deratan makanan tadi.

4. Teh Hitam

Teh hitam memang memiliki khasiat luar biasa untuk mencegah kanker dan penyakit lainnya, Namun teh hitam termasuk minuman yang kaya oksalat, teh hitam sebaiknya dibatasi asupannya karena kandungan oksalat ini bisa menyebabkan Anda menderita batu ginjal.