Thursday, May 10, 2018

Jangan Abaikan Jika Sering Kesemutan Ini Alasannya



Saat Anda sering mengalami kesemutan mungkin Anda pikir itu hal biasa yang terjadi. Namun, ada baiknya dari sekarang anda lebih waspada karena sering kesemutan bisa menjadi pertanda tubuh Anda menderita penyakit tertentu. Kesemutan sendiri bisa terjadi di bagian tubuh manapun, kaki, selangkangan, tangan hingga wajah. Kesemutan biasanya memicu mati rasa, kaku, neri, panas hingga perasaan digigit semut. Nah jika tubuh bagian tersebut sering mengalami kesemutan sebaiknya jangan abaikan lagi, kenali penyebabnya di bawah ini.
1. Sindrom saraf kejepit

Kesemutan juga bisa menjadi tanda adanya saraf di tubuh yang tidak mendapatkan aliran darah dengan baik atau juga bisa juga terjadinya saraf terjepit. Biasanya kesemutan ini akan terjadi dalam waktu panjang.Kesemutan akibat saraf terjepi cukup berbahaya karena bisa memicu masalah lain jika diabaikan.

2. Kekurangan atau kelebihan vitamin
Kesehatan saraf juga ditunjang oleh asupan sumber vitamin seperti Vitamin E, B1, B3, B6, B12. Jika tubuh mengalami penurunan asupan vitamin maka ada gejala yang ditimbulkan salah satunya adalah kesemutan di area tubuh tertentu. 
3. Keracunan
Kesemutan juga bisa dipicu oleh keracunan bahan tertentu baik dari obat-obatan maupan bahan berbahaya seperti timbal, merkuri, talium dan bahan sejenisnya. Bahan-bahan tersebut bisa memicu kesemutan kronis yang tidak boleh diabaikan. 
4. Diabetes melitus
Jika anda sering menderita kesemutan anda wajib waspada, bisa jadi anda diam-diam menderita penyakit diabetes melitus. Penyekit diabetes melitus bisa memicu neuropati perifer, yang memiliki efek kesemutan kronis seperti mati rasa yang panjang.