-->

Monday, June 25, 2018

3 Organ Tubuh Ini Bisa Alami Kerusakan Akibat Kolesterol Tinggi


Kolesterol tinggi merupakan kondisi kesehatan yang membahayakan, masalah kesehatan ini disebut sebagai silent killer, karena bisa memicu kematian mendadak tanpa gejala. Kolesterol tinggi jangan pernah kamu abaikan karena dapat memicu kerusakan-kerusakan pada organ dalam tubuh Anda.

Jika tidak disadari lebih awal, kerusakan pada organ tubuh bisa terjadi dan akibatnya cukup fatal karena bisa memicu penyakit mengancam nyawa.

Nah berikut organ tubuh yang paling mudah rusak ketika kolesterol jahat dalam tubuh anda naik. Apa saja? Simak!

1. Jantung

Kolesterol yang naik tinggi merupakan kondisi yang berbahaya bagi jantung, kolesterol jahat atau yang dikenal dengan LDL merupakan kolesterol yang bisa memicu plak di pembuluh darah. Akibatnya aliran darah ke jantung akan berkurang terus hal ini akan membuat otot jantung melemah hingga mati untuk memompa darah keseluruh tubuh. Nah jika anda sering merasakan sesak napad, nyeri dada jangan abaikan ini, bisa jadi jantung anda mengalmi kerusakan.

2. Otak

Hampir sama dengan jantung, kolesterol tinggi dapat memicu penyumbatan pembuluh darah di otak akibat munculnya plak. Akibatnya aliran darah ke otak akan menjadi sedikit dan membuat sel-sel otak tak berfungsi dengan baik, perlahan tapi pasti hal akan memicu stroke dikemudian hari.

3. Kantong Empedu

Kantong empedu merupakan organ penting, organ ini berperan penting untuk menyimpan cairan empedu yang gunnya untuk memecah lemak di usus. Nah ketika kolesterol jahat jumlahnya lebih banyak maka bisa memicu pembentukan batu empedu.