Kamis, Juni 21, 2018

4 Makanan yang Cegah Gula Darah Naik



Setelah lebaran ada banyak penyakit yang rentan kambuh, salah satu penyakit itu adalah kadar gula darah naik. Gula darah yang naik adalah kondisi buruk terutama bagi mereka yang menderita penyakit diabetes. Bahkan gula darah naik yang tidak disadari bisa meningkatkan risiko kematian mendadak.

Momen lebaran memang identik dengan makan-makan, banyak hidangan yang bisa memicu naiknya gula darah naik seketika, sebut saja makanan yang bersantan, kue kering, minuman manis dan atau makanan lainnya yang mengandung kadar gula tinggi.

Nah untuk mencegah naiknya gula darah setelah momen lebaran anda bisa menggunakan makanan sehat berikut ini.

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli adalah makanan yang memiliki gizi lengkap serta berkalori rendah. Sayuran hijau termasuk makanan yang kandungan karbohidratnya sedikit sehingga sangat membantu menjaga gula darah dalah kadar stabil.

2. Telur

Telur termasuk sumber protein dan kalori yan baik untuk tubuh, makan 2 butir telur setiap hari sangat membantu tubuh menjaga gula darah agar tidak bergejolak, makan telur setiap hari juga membantu anda untuk terhindar dari penyakit mengerikan seperti diabetes dan kerusakan jantung. Telur juga makanan yang mengandung lutein yang tinggi, kandungan ini adalah sumber antioksidan yang berguna melindungi mata.

3. Kunyit

Kurkumin dalam kunyit adalah bahan yang berguna menurunkan kadar gula darah yang naik, kunyit juga bahan makanan yang bermanfaat untuk mencegah serangan jantung, serangan diabetes, hingga kerusakan ginjal.

4. Kayu Manis

Kayu manis termasuk rempah-remapahan yang memiliki banyak manfaat, jika anda rajin mengkonsumsi kayu manis yang ditambahkan pada makanan anda maka hal ini bisa menghindarkan anda dari masalah gula darah yang naik, penumpukan kolesterol dan penyakit diabetes tipe 2.