Thursday, August 16, 2018

Awas, 5 Gejala Penyakit Batu Ginjal Sering Diabaikan


Batu ginjal terbentuk secara diam-diam, ketika ukuran batu sudah sangat besar, maka batu mulai merusak jaringan ginjal dan saluran kemih. Batu ginjal terbentuk oleh penumpukan zat kimia kalsium, oksalat dan asam urat.

Batu ginjal ini terbentuk akibat kebiasaan sehari-hari, seperti merokok, makan kopi terlalu banyak, jarang minum air putih dan jarang olahraga. Batu ginjal memang tidak berbahaya karena bisa keluar secara alami bersama urin, namun batu ginjal dapat memicu infeksi ginjal bahkan gagal ginjal jika penyakit ini tidak terdeteksi secara dini.

Nah. karena batu ginjal bisa memicu masalah lain yang lebih serius maka dari itu Anda wajib sekali mengenali gejala penyakit batu ginjal. Nah berikut beberapa gejala batu ginjal yang patut kamu ketahui.

1. Nyeri di area Pinggul

Nyeri akan muncul di area punggung dan kadang menyebar ke area di punggung bawah. Ketika muncul tanda ini, hal ini karena batu ginjal berukuran kecil sudah terbentuk di ginjal Anda. Batu ukuran kecil saja menyebakan rasa nyeri, maka dari itu jangan pernah mengabaikan tanda ini.

2. Urin berwarna merah muda dan keruh

Batu ginjal akan merusak lapisan saluran ginjal dan saluran kemih dan menyebabkan pendarahan, urin yang keluar pun akan berwarna merah muda, pada kasus yang parah dapat disertai rasa nyeri dan kencing berdarah.

3. Sering Buang Air

Salah satu tanda paling awal dan paling umum pada orang yang menderita batu ginjal adalah sering buang air kecil, bahkan jika jumlah air yang Anda minum tidak banyak Anda pun akan tetap buang air. Ini bisa disebabka adanya kebocoran atau Inkontinensia urin biasanya disebabkan oleh batu yang bergerak dari kandung kemih ke uretra.

4. Mual dan Muntah

Mual dan muntah juga umum pada orang dengan batu ginjal. Muntah-muntah dan mual-mual ini disebabkan oleh tubuh berupaya membuang racun dari tubuh ketika ginjal tidak lagi bisa mengeluarkan racun.

5. Bagian Tubuh Membengkak

Pada tahap lebih parah, batu ginjal yang semakin membesar akan memicu bagian tubuh tertentu membengkak akibat cairan tubuh yang menumpuk.