Minggu, Oktober 21, 2018

5 Cara Cegah Kanker Payudara Yang Menghantui Wanita


Kanker payudara adalah salah satu kanker paling umum di dunia. Ini adalah penyakit kronis yang terjadi ketika sel-sel jaringan payudara mulai tumbuh secara tidak normal. Jenis kanker ini sangat rentan terhadap wanita namun bisa juga menyerang para lelaki.

Penelitian selama bertahun-tahun menyebutkan bawa beberapa faktor  seperti faktor hormonal, gaya hidup, lingkungan dan genetik telah diidentifikasi sebagai kemungkinan penyebab kanker payudara.

Saat ini penderita kanker payudara terus meningkat, walau pengobatan saat ini sudah terbilang maju tapu tetap saja angka kematian akibat kanker payudara selalu tinggi. Karena itulah kanker ini digolongkan kanker mematikan.

Nah, mengetahui kanker payudara cukup berbahaya maka anda harus lebih waspada dan berhati-hati. Berikut ini ada bebera cara yang akan membantu mengurangi risiko dan mencegah kanker payudara.

1. Gaya hidup aktif

Perempuan aktif cenderung tidak terkena kanker. Aktivitas fisik membantu menjaga keseimbangan estrogen , hormon kunci untuk kesehatan wanita. Ketika hormon ini tidak seimbang maka bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Nah untuk itu anda perlu olahraga teratur untuk menjaga hormon ini tetap stabil.

2. Turunkan berat badan

Tubuh yang gemuk juga meningkatkan risiko kanker payudara. Semakin banyak sel-sel lemak dalam tubuh, semakin tinggi risiko terkena kanker, termasuk kanker payudara. Untuk alasan ini, Anda harus berusaha untuk mencapai memiliki berat badan yang sehat dan seimbang.

3. Jangan Minum alkohol

Konsumsi minuman beralkohol berdampak buruk bagi kesehatan. Minuman yang mengandung minol sebaiknya dihindari, karena alkohol bisa merusak sel-sel dalam tubuh.

4. Pemeriksaan diri

Pemeriksaan diri secara teratur merupakan faktor kunci dalam pencegahan kanker payudara. Ini akan membantu untuk mendeteksi secara tepat adanya kelainan pada jaringan payudara.

5. Jangan takut untuk menyusui bayi

Menyusui bukan hanya cara terbaik untuk memberi bayi nutrisi yang lengkap. Metode efektif ini akan membantu mencegah kanker payudara dan penyakit berbahaya lainnya. maka dari itu para calon ibu atau para ibu yang memiliki bayi jangan takut untuk menyusui bayi anda.