Senin, Desember 10, 2018

4 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi


Kadar kolesterol jahat yang terlalu tinggi dalam tubuh bisa berdampak pada kesehatan. Ada banyak sekali risiko penyakit akibat kadar kolesterol tinggi seperti diabetes, jantung, dan stroke. 

Kolesterol atau dikenal juga lemak bisa bersumber dari makanan. Makanan seperti daging merah, gorengan, makanan kaleng, daging olahan merupakan makanan yang bisa menaikan kolesterol jahat di tubuh anda. Nah untuk terhindar dari penyakit kolesterol tinggi anda bisa melakukan pencegahan dengan cara berikut.

1. Olahraga Teratur

Lemak yang masuk kedalam tubuh harus dibakar dengan cara melakukan aktivitas fisik. Olahraga adalah kegiatan penting untuk membakar lemak yang menumpuk. Anda wajib melakukan olahraga serutin untuk menghindari tumpukan kolesterol semakin banyak.

2. Hindari makanan mengandung Gluten

Makanan yang mengandung gluten sangat merusak untuk tubuh, seperti tepung makanan ini mengandung gluten sekaligus gula yang cukup banyak. Jika berlebihan bisa mengakibatkan penumpukan lemak dan kolesterol.

3. Perbanyak Sayur dan Buah

Buah dan sayur mengandung banyak serat dan mineral penting untuk tubuh, makanan ini sangat baik untuk membantu tubuh menyerap kolesterol yang ada dalam tubuh. Sering-seringlah konsumsi buah segar agar anda terhindar dari perut buncit atau masalah berat badan berlebih.

4. Makan makanan penurun kolesterol

Makanan yang kita konsumsi mempengaruhi pembentukan dan penumpukan kolesterol di dalam tubuh kita. Ada banyak sekali makanan yang dapat menurunkan kolesterol tinggi. Misalnya ikan laut yang mengandung omega 3, Kayu manis, dan teh hijau.