Minggu, Desember 09, 2018

Hindari Makanan Ini Agar Terhindar dari Asam Urat

Cegah Asam Urat dengan Langkah

Asam urat bukan penyakit ringan, penyakit asam urat tergolong penyakit yang bisa memicu rasa sakit luar biasa jika anda terserang asam urat. Penyakit ini sendiri biasanya menyerang orang yang sudah memasuki usia 30-an. Namun, belakangan banyak anak muda yang juga terkena asam urat.

Asam urat ini biasanya akan menyerang persendian tubuh seperti sendi di lutut, tumit, siku, jari kaki, jari tangan hingga pergelangan tangan. Penyebab utama dari asam urat adalah tumpukan kristal yang menumpuk akibat kandungan asam urat yang tinggi. Biasanya tumpukan asam urat ini disebabkan akibat metabolisme tubuh yang tidak berjalan dengan baik, misalnya ginjal yang bertugas mngeluarkan asam urat bersama urin tidak bekerja maksimal sehingga asam urat tidak terbuang dari tubuh.

Orang yang memiliki berat badan berlebih memiliki risiko tinggi terkena asam uram, selain itu makanan dengan kadar purin tInggi dapat menyebablan kadar asam urat naik dengan cepat. Oleh sebab itu anda perlu menjaga asupan makanan. Anda perlu mengetahui makanan yang bisa menaikan risiko terkena asam urat. Nah berikut ada beberapa makanan yang sebabkan asam urat yang perlu kamu hindari.

1. Makanan berupa jeroan hewan seperti hati, jantung, ginja, otak, babat, limpa hingga usus mengandung purin yang tinggi sebaiknya anda kurangi atau tidak makan sama sekali agar anda tidak terkena asam urat di kemudian hari.

2. Makanan laut seperti lobster, cumi cumi, sarden, tiram, remis adalah makanan sehat namun anda disarankan jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan tersebut sebab makanan tersebut juga mengandung purin tinggi yang bisa memicu asam urat.

3. Beberapa jenis sayuran juga bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh sepeti asparagus, kembang kol, bayam, kankung.

4. Makanan olahan yang terbuat dari kedelai juga bisa memicu asam urat, tempe, tahu, oncom dan tauco adalah makanan yang bisa meningkatkan kadar asam urat sebaiknya anda jangan berlebihan memakan makanan tersebut.