Senin, Desember 03, 2018

Deretan Makanan Penyebab Asam Urat


Asam urat adalah gangguan metabolisme yang berhubungan dengan makanan yang disebabkan oleh kadar purin yang terlalu tinggi dalam plasma yang menyebabkan pembentukan kristal(asam urat) atau kristal asam urat. Jika dibairakan maka bisa menyebabkan sendi menjadi meradang, menyebabkan rasa sakit, secara bertahap menyebabkan distorsi, kekakuan. Jika jumlah asam urat terlalu bahkan bisa mengganggu ginjal.

Makanan yang Anda makan setiap hari memiliki dampak besar pada penyakit asam urat. Untuk menghindari rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat atau mengurangi risiko penyakit, Anda harus membatasi makanan berikut.

1. Makanan Berasal dari Laut

Menurut Lona Sandon, seorang profesor nutrisi klinis di University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas, makanan laut atau seafood kaya akan purin yang mudah terurai menjadi asam urat. Jadi makan lebih banyak seafood akan meningkatkan risiko asam urat atau membuatnya lebih buruk. 

2. Bir

Minum bir menggandakan risiko encok. Ini tidak hanya meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh saja, minum bir secara berlebihan juga akan menyulitkan tubuh mengeluarkan zat asam urat. akhirnya ini bisa memperparah peradangan asam urat di sendi-sendi tubuh.

3. Daging Merah

Semua daging mengandung jumlah purin yang tidak seimbang dan daging merah mengandung lebih banyak purin, yang tidak baik untuk penderita gout. Semakin tinggi purin, semakin banyak asam urat yang dihasilkan oleh darah, hasil akhirnya adalah penyakit asam urat. Daging putih umumnya lebih baik daripada daging merah.

4. Kalkun

Kalkun memiliki kandungan purin yang lebih tinggi daripada makanan lain, jadi sebaiknya hindarilah memakan daging kalkun agar anda tidak harus berurusan dengan masalah asam urat.