Jumat, Desember 14, 2018

Jangan Abaikan Kulit Gatal-Gatal, Ini Alasannya

Jangan Abaikan Kulit Gatal-Gatal, Ini Alasannya

Kulit yang terasa gatal memang tidak membuat nyaman. Apalagi jika masalah gatal-gatal ini tidak sembuh-sembuh maka anda pun akan menggaruknya, namun pilihan ini malah akan membuat rasa gatal semakin menjadi-jadi.

Rasa gatal pada kulit bisa disebabkan banyak hal, mulai dari hal sepele hingga disebabkan oleh penyakit berbahaya. Nah jika anda sering mengalami gatal-gatal pada kulit anda sebaiknya jangan diabaikan. Kenapa? berikut penjelasannya.

1. Kulit Kering

Kulit kering bisa menimbulkan rasa gatal.  penyebabnya adalah kondisi lingkungan yang kering, dingin atau habis berandam di air terlalu lama. Kondisi ini memang tidak membahayakan namun rasa gatal ini bisa membuat anda tidak nyaman.

2. Akibat Obat tertentu

Obat antibiotik, obat antijamur, dapat menyebabkan gatal tiba-tiba yang meluas di seluruh area tubuh anda. Namun, sebagian besar reaksi obat akan menimbulkan ruam bersamaan dengan gatal.

3. Infeksi Kurap

Ifeksi jamur bisa memicu kurap. Kurap sendiri merupakan penyakit kulit yang bisa terjadi di area tubuh yang hangat serta lembab. Akibat gesekan konstan dan kebersihan tidak terjaga maka infeksi kurap bisa terjadi.

4. Gula darah tinggi

Kadar gula tinggi juga bisa menyebabkan kulit anda gatal-gatal. Peningkatan kadar gula dalam jangka panjang, bisa menyebabkan permukaan kulit. Ini juga termasuk gejala awal diabetes.

5. Penyakit dalam

Kulit gatal tiba-tiba dapat menjadi gejala dari suatu penyakit. Ini termasuk berbagai kemungkinan, penyakit hati, gagal ginjal, masalah tiroid, penyakit celiac, HIV/AIDS, dan kanker darah.